Unik, Informatif , Inspiratif

Beda dengan Buah atau Sayur, Masak Daging Sehatnya Tak Usah Dicuci Dulu

0

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Marianne Gravely menyebutkan bahwa buah dan sayuran memang harus dicuci terlebih dahulu sebelum diolah. Namun, ternyata tak begitu untuk daging.

“Orang-orang masih terkejut ketika kami memberi tahu mereka untuk tidak mencuci unggas dan daging mentah,” kata Marianne.

BACA JUGA: Kenapa Daging Sapi Selandia Baru Lebih Empuk?

Pasalnya, kata dia, patogen yang ditularkan melalui makanan sudah menewaskan sekitar 48 juta orang Amerika setiap tahun dan menempatkan 128.000 orang di rumah sakit.

Malah menyebarkan bakteri

Benjamin Chapman, seorang profesor dari Departemen Ilmu Pertanian dan Manusia Universitas North Carolina mengatakan bahwa mencuci ayam tidak akan menghilangkan banyak bakteri. Justru, menurutnya dapat menyebarkan kuman ke tangan, permukaan meja, pakaian, dan peralatan masak di dekatnya, yang biasa disebut kontaminasi silang.

“Proses pencucian itu benar-benar hanya dapat meningkatkan risiko. Yang benar-benar bisa Anda lakukan adalah mengendalikannya melaluimemasak ,” kata Benjamin.

Memasak, kata Benjamin, adalah satu-satunya cara untuk membunuh patogen seperti Salmonella dan Campylobacter.

Dan dilansir dari NYTimes, konsumen harus menggunakan termometer makanan untuk memastikan daging dimasak pada suhu 165 derajat celcius untuk unggas; 160 derajat untuk daging giling; 145 derajat untuk steak, daging, daging panggang, ham segar, ikan asap, dan kerang.

BACA JUGA: Daging Kambing sebabkan Darah Tinggi? Ini Kata Ahli Gizi

Dua langkah lain mencegah kontaminasi silang dari makanan adalah memisahkan daging mentah dan unggas dari produk segar di tas belanjaan, lemari es, dan selama persiapan memasak.

Pakar keamanan pangan juga merekomendasikan Anda untuk mencuci apa pun yang digunakan dalam persiapan memasak, termasuk timbangan, talenan, dan panci menggunakan air panas dan sabun. Anda juga harus mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun selama 20 detik sebelum dan sesudah menyiapkan makanan. []

SUMBER: SUARA


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.