Begadang? Awas, Ini Risikonya!

Foto: Google Image

Tahukah Anda bahwa begadang dapat meningkatkan risiko pengeroposan tulang? Sebelumnya, pengeroposan tulang lebih sering dikaitkan dengan kebiasaan makan, misalnya kurang mengonsumsi sumber kalsium sepeti susu. Namun selain itu, pengeroposan tulang juga bisa terjadi akibat waktu tidur yang dibawah normal atau kebiasaan seringnya begadang.

Demikianlah yang disampaikan oleh para peneliti dari University of Colorado, seperti dikutip dari Times of India pada Selasa (4/4/2017).

Peneliti Christine Swanson menyebutkan bahwa dalam studi yang dilakukannya selama tiga pekan, ditemukan bahwa mereka yang memiliki jam tidur rata-rata hanya lima jam per malam mengalami risiko tulang rapuh lebih tinggi.

“Saat terjaga, mereka mengonsumsi nutrisi dengan jumlah kalori yang sama, sehingga diet tidak memengaruhi,” imbuh Swanson.

Studi dilakukan dengan enam orang responden berusia 20-27 tahun, dan empat orang lainnya yang berusia 55-65 tahun. Selama periode tiga pekan, peneliti menemukan semua responden dengan jam tidur kurang dari enam jam per malam mengalami penurunan tingkat marker pembentuk tulang P1NP.

Penurunan ini lebih besar pada pria yang berusia lebih muda dibandingkan mereka yang berusia lebih tua.

“Keseimbangan komposisi marker ini dapat menyebabkan osteoporosis dan juga risiko patah tulang,” papar Swanson.

Selain kurang tidur, perubahan komposisi tulang juga bisa dipengaruhi oleh kebiasaan bergerak dan olahraga, terutama pada anak-anak. Studi baru-baru ini yang dilakukan oleh para peneliti dari University of British Columbia menemukan bahwa anak dan remaja yang kurang aktif cenderung memiliki tulang lebih rapuh.

“Kami menemukan bahwa remaja yang kurang aktif memiliki tulang lebih lemah, padahal kekuatan tulang sangat penting untuk mencegah risiko patah tulang. Diduga ini karena jarang bergerak membuat tulang tidak terlatih untuk menguatkan diri,” ungkap peneliti Leigh Gabel, seperti dikutip dari Daily Mail. []

SatuMedia


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *