Unik, Informatif , Inspiratif

Begini Cara Bikin Gorengan ‘Anti-melempem’

0

GORENGAN memang banyak disukai. Cemilan yang satu ini memang pas dimakan kapanpun; pagi, siang, malam tetap enak buat nikmatin gorengan. Salah satu godaan terbesar dari makanan yang satu ini adalah renyah saat digigit, selain rasa dan banyak variasinya.

Tentu Anda penasaran gimana cara membuat gorengan bisa ‘crunchy’ tanpa harus muter-muter cari pedagang gorengan? Simak tips berikut ini ya!

1 Adonan jangan terlalu tebal

Pastikan komposisi setiap bahannya pas, tidak terlalu banyak tepung dan air. Selain itu, biasanya agar gorengannya renyah kita lumuri lagi bahan yang akan digoreng dengan tepung.

BACA JUGA: 5 Makanan Ini Proteinnya Lebih Tinggi daripada Telur

Nah, boleh-boleh saja melakukan ini tapi cukup dua kali karena jika lapisan tepungnya terlalu tebal nanti gorengan justru sulit matang dan mudah lembek ketika ditiriskan.

2 Jangan gunakan telur

Beberapa dari kita mungkin beranggapan kalau telur akan membantu merenyahkan gorengan. Sebenarnya tidak salah, tapi renyahnya gorengan hanya bertahan sebentar kalau adonannya menggunakan tepung.

Gorengan akan lebih cepat lembek jika mencampurkan telur ke dalam adonan.

3 Tambahkan sedikit baking soda ke dalam adonan

Baking soda ternyata bukan cuma berfungsi untuk mengembangkan adonan melainkan juga bisa membantu merenyahkan gorengan. Tapi, karena rentan panas, sebelum mencampurkan baking soda ke dalam adonan, gorengan larutkan dulu dengan air dingin.

Dan yang terpenting, jangan aduk adonan terlalu lama agar baking soda bisa berfungsi dengan baik.

4 Panas minyak harus cukup

Sebelum menggoreng tentunya Anda harus memanaskan minyak terlebih dahulu. Tapi jangan sampai berlebihan.

Suhu yang pas untuk menggoreng kira-kira adalah 170 derajat Celcius, jadi jangan sampai lebih dari itu. Kalau kesulitan mengukur panasnya, Anda bisa pakai ukuran waktu.

Jangan gunakan api terlalu besar ketika memanaskan minyak. Tunggu sekitar 3-5 menit, baru masukkan adonan ke dalam penggorengan.

BACA JUGA: Makanan Ini Bikin Wajah Jerawatan, Masa Sih?

5 Tiriskan sampai benar-benar kering

Jangan sampai mengangkat gorengan dari tirisan sebelum minyaknya benar-benar tiris. Kalau gorengannya masih basah oleh minyak kemungkinan gorengan cepat melempem itu besar lho.

Nah, supaya lebih cepat kering, Anda bisa gunakan tisu makan untuk membantu meresapkan minyak yang masih menempel pada gorengan. Sekarang tak perlu khawatir lagi gorengan cepat ‘melempem.’ []

SUMBER: IDN TIMES


Artikel Terkait :
Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline