Unik, Informatif , Inspiratif

Begini Cara Menghadapi Suami Egois

0

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Semua manusia pernah melakukan kesalahan dan seseorang membutuhkan orang lain untuk saling mengingatkan. Terkadang ada suatu waktu tertentu Anda merasa suami Anda menjadi egois. Anda pastinya lebih tahu tentang suami Anda sendiri. Jadi Andalah yang lebih tahu bagaimana menghadapi suami Anda ketika dalam kondisi egois tersebut. Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa cara berikut, di antaranya:

  1. Ekstra sabar

Bersabar menghadapi sifat egois suami harus Anda lakukan, karena tidak mungkin api dibalas dengan api. Saat suami marah saat Anda meminta bantuan untuk melakukan sesuatu, dengarkan ia sampai selesai dan alihkan pada pembicaraan yang lebih bermanfaat.

BACA JUGA: 10 Prinsip Berumah Tangga untuk Suami Istri

Siapa tahu suami Anda bertindak egois karena tengah menghadapi setumpuk pekerjaan atau permasalahan lain yang Anda tidak tahu. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menjadi istri yang sabar dan berpikiran positif.

  1. Sensitif atau peka

Anda juga harus peka terhadap perubahan kepedulian suami terhadap Anda dan keluarga. Tanyakan apakah ia sedang terlibat masalah atau ada sesuatu yang salah. Biasanya suami akan bercerita dengan sendirinya setelah melihat kepedulian Anda. Sifat egois terkadang merupakan efek dari kenangan buruk masa lalu.

  1. Pandai mengutarakan perasaan

Jika Anda sudah tidak tahan dengan keegoisan suami Anda, Anda dapat mengutarakan isi hati Anda kepadanya. Namun Anda harus mengutarakan semua itu tanpa menyinggung perasaannya. Jangan serta merta Anda mengatakan bahwa ia egois. Cukup katakan bahwa Anda dan anak-anak sangat membutuhkan perhatian darinya.

  1. Menyediakan me time

Sifat egois terkadang lahir dari kejenuhan rutinitas. Kesibukan yang terus menumpuk setiap hari berpotensi mematikan kepedulian terhadap lingkungan sekitar termasuk keluarga. Oleh sebab itu, buat me time atau waktu bagi Anda dan suami untuk menikmati hidup. Bisa dilakukan bersama-sama dengan jalan-jalan.

  1. Menyampaikan kritik

Jika sikapnya sudah sangat keterlaluan, tidak masalah jika Anda ingin mengkritiknya. Namun, lakukan dengan cara yang baik. Kritik yang baik tidak mengandung judgement, kata-kata kasar atau menyudutkan suami. Kritik ini bertujuan untuk memberitahu bahwa selama ini ia telah bersikap egois dan membuat Anda tidak bahagia.

  1. Tumbuhkan Kembali Rasa Sayang

Permasalahan sehari-hari kadang membuat istri lupa untuk menjadi sosok yang menyenangkan bagi suami. Mungkin istri begitu sibuk mengurus anak, pekerjaan rumah, dan mengelola keuangan keluarga. Saat suami kurang menyayangi istri, ia jadi tega pada istri.

BACA JUGA: Mengapa Suami Istri sering Terlihat Mirip? Ini Faktanya

Saat suami makin sayang pada istri, biasanya ia akan lebih peka dan peduli. Tidak tega jika istri kelelahan sehingga saat merasa lelah sekalipun ia akan berusaha melakukan yang terbaik untuk istri. []

Sumber: Bunda.co


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.