cara rasulullah minum, Begini Cara Rasulullah Minum
Unik, Informatif , Inspiratif

Begini Cara Rasulullah Minum

0

Sungguh sempurna agama Islam ini, dan Rasulullah telah Allah turunkan untuk menjadi teladan. Setiap perbuatan dan perkataan Rasul adalah sunnah yang sayang jika tidak kita ikuti karena mengandung pahala dan kebaikan, termasuk juga bagaimana adab Rasul ketika minum.

Dalam hadis shahih riwayat Al Bukhari dan Muslim disebutkan,

“Dari Anas bin Malik ra. ia berkata, bahwasanya Rasulullah selalu mengambil nafas tiga kali ketika minum.” (Muttafaq Alaih)

Dalam minumnya, Rasulullah tidak langsung menghabiskan segelas air dengan sekali teguk, melainkan dengan beberapa kali teguk. Beliau menyelingi dengan mengambil nafas di sela-sela minum itu sebanyak tiga kali.

BACA JUGA: 6 Manfaat Rutin Minum Air Hangat

“Mengambil nafas tiga kali ketika minum,” maksudnya adalah beliau tidak mengambil nafas sambil minum atau bernafas dengan gelas masih menempel dimulut. Tetapi beliau menjauhkan gelas atau tempat minumnya dari mulut, dan mengambil nafas jauh dari tempat minum.

Musthafa Said berkata, “Hadis ini mengandung isthbab agar seseorang minum dengan tiga kali teguk dan mengambil nafas setiap satu kali tegukan. Kemudian, hendaknya dia mengambil nafas jauh dari tempat minumnya, karena hal ini bermanfaat bagi kesehatannya.”

BACA JUGA: Awas, Ini Bahayanya Jika Bayi Diberi Minum Air Putih

Apa yang dikatakan DR. Musthafa benar, sebab ketika seorang bernafas, yang dikeluarkannya adalah zat asam arang atau karbondioksida. Jadi, sekiranya dia mengeluarkan nafas dalam gelas, maka yang dia hirup adalah zat asam arang, atau air yang diminumnya mengandung zat sisa hasil pembakaran didalam tubuh. Dan tentu saja hal tersebut tidak baik bagi kesehatan.

Selain itu, apa yang dicontohkan Nabi ini juga mengandung nilai kesabaran dan kesopanan. Sabar, karena dalam hal ini seorang muslim dituntut untuk tidak tergesa-gesa. Dan sopan, karena minum dengan hanya sekali teguk bisa menunjukkan keserakahan seseorang. Apalagi jika dikarenakan ketergesa-gesaannya, dia lalu tersedak dan terbatuk-batuk.

Rasulullah bersabda,

“Janganlah kalian minum sekali teguk seperti minumnha onta. Tetapi minumlah dua atau tiga kali tegukan. Dan bacalah bismillah ketika minum, kemudian bacalah hamdalah selesai minum.” (HR. At-Tirmidzi)

Dalam hadis ini, Rasulullah melarang kita minum dengan sekali teguk tanpa bernafas seperti onta, karena onta minum dengan sekali teguk tanpa bernafas.

BACA JUGA: 3 Minuman Herbal Pereda Sakit Tengorokan

Dalam hadis lain dari Abu Qatadah ra. disebutkan,

“Bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam melarang (umatnya) bernafas ditempat minum.” (Mutafaq Alaih)

Maksudnya Nabi melarang kita mengambil nafas ketika sedang minum ditempat kita minum. Dan senada dengan hal ini, beliau juga melarang meniup minuman, sebagaimana disebutkan dalam riwayat At-Tirmidzi.

Sumber: 165 Kebiasaan Nabi, Abdullah Zulfidar Akaha, Pustaka Al-Kautsar


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.