Mie instant
Mie instant

Begini Caranya Masak Mie Instan Agar Terhindar dari Risiko Penyakit

Mie instan merupakan makanan yang disukai semua kalangan. Meskipun banyak penelitian yang menerangkan bahayanya jika terlalu sering mengonsumsi mie instan, namun masyarakat seolah tidak peduli dengan ancaman tersebut. Mie instan disebut-sebut juga bisa memicu terjadinya kanker.

Lantas bagaimana cara kita menangulangi atau mencegah dampak buruk dari mengonsumsi mie instan? Berikut tips sehat mengkonsumsi mie instan yang dirangkum dari beberapa sumber.

Buang air rebusan pertama mie

Saat merebus mie, buang air yang pertama kali digunakan untuk merebus. Saat merebus, lapisan lilin yang terkandung dalam mie tersebut sebagian besar akan larut bersama air. Oleh sebab itu saat Anda merebus mie kuah dari mie tersebut akan berwarna putih kekuningan seperti warna mie. Hal ini akan membantu meminimalkan banyaknya lilin yang masuk ketubuh kita. Mungkin juga ini akan berpengaruh sedikit pada cita rasa mie, tapi untuk tubuh yang sehat tidak apa-apakan?

BACA JUGA: Benarkah Mie Instan Pakai Lapisan Lilin?

Jika yang Anda makan adalah mie goreng, setelah ditiriskan bilas lag dengan air matang. Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah mengkonsumsi mie yang masih mentah karena dianggap sebagai camilan yang lezat. Selain itu terkadang kita juga sering memasak mie setengah matang.

Mie setengah matang atau bahkan mie mentah justru akan semakin memperberat kerja dari sistem pencernaan kita.

Beri jeda waktu makan
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, lapisan lilin akan habis setelah kurun waktu sekitar 3 hari untuk dikeluarkan oleh tubuh. Maka dari itu sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi mie instan tersebut setiap hari. Beri jeda waktu minimal 3 hari.

Jangan campur bumbu saat dimasak

Saat memasak mie instan, pasti sebagian dari Anda ada yang langsung mencampur bumbunya saat mie masih mendidih diatas kompor. Hal ini tentunya sangat salah. Di dalam bumbu mie instan terdapat zat yang berbahaya jika ikut dimasak. Campurkan bumbu saat mie sudah diturunkan dari api. Jika Anda teliti, di bagian cara penyajian yang terdapat di bungkus mie pun sudah menunjukkan bahwa bumbu ditaruh di mangkuk, bukan bumbu di masak bersama mie.

BACA JUGA: Pesan Dr Ryan Thamrin untuk Para Pecinta Mie Instan

Tambahkan sayuran, daging dan telur

Karena minimnya gizi yang terkandung dalam mie Anda dapat menambahkan sayuran, daging atau telur untuk melengkapinya.  []

Sumber: carasehat.com

 


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *