foto: Viva.co.id

Begini Siasat BI Agar Tunanetra Mudah Kenali Pecahan Rupiah Terbaru

foto: Viva.co.id

INSPIRADATA. Bank Indonesia kemarin (19/12/2016) meresmikan 11 uang pecahan rupiah baru tahun emisi 2016 yang terdiri atas tujuh uang kertas dan empat uang logam. Ini merupakan yang pertama sejak 71 tahun merdeka, Indonesia mengeluarkan beberapa uang baru secara serentak.

Mengingat kegunaan pecahan uang rupiah ini digunakan oleh semua orang, BI pun menyiasatinya agar penyandang tunanetra pun tidak kesulitan dalam mengenali pecahan uang baru ini.  Uang ini didisain dengan garis timbul yang berada pada pinggir kiri dan kanan uang rupiah kertas.

Dilansir dari Viva, berikut ini ciri uang kertas rupiah baru yang dapat dikenali oleh penyandang disabilitas:

  1. Pecahan Rp 100.000. Terdapat satu garis arsir, di mana satu dalam garis arsir terdiri atas dua garis secara berdekatan pada samping kiri dan kanan.
  2. Pecahan Rp 50.000. Terdapat dua garis arsir, di mana dalam satu garis arsir terdapat dua garis. Letaknya berada di bagian pinggir bawah.
  3. Pecahan Rp 20.000. Terdapat tiga garis arsir, di mana dalam satu garis arsir terdapat dua garis. Letaknya berada di bagian pinggir bawah.
  4. Pecahan Rp 10.000. Terdapat empat garis arsir, di mana dalam satu garis arsir terdapat dua garis. Letaknya berada di bagian pinggir bawah.
  5. Pecahan Rp 5.000. Terdapat lima garis arsir, di mana dalam satu garis arsir terdapat dua garis. Letaknya berada di bagian pinggir bawah.
  6. Pecahan Rp 2.000. Terdapat enam garis arsir, di mana dalam satu garis arsir terdapat dua garis. Letaknya berada di bagian pinggir bawah. Letaknya seimbang di samping kiri dan kanan.
  7. Pecahan Rp1.000. Terdapat tujuh garis arsir, di mana dalam satu garis arsir terdapat dua garis. Letaknya berada di bagian pinggir bawah. Letaknya seimbang di samping kiri dan kanan.[]

Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *