sosok penyihir
Foto: Kompas

Begini Sosok Penyihir Skotlandia yang Meninggal 300 Tahun yang Lalu

Seniman forensik berhasil merekonstruksi wajah seorang wanita Skotlandia yang mengaku sebagai penyihir, yang telah meninggal sekitar 300 tahun lalu.

Berbekal foto tengkorak wajahnya, seniman tersebut berhasil membuat wajah penyihir bernama Lilias Adie dengan teknologi 3D pahatan virtual dan metode rekonstruksi forensik wajah.

Gambar yang dilansir dari BBC, Selasa (31/10/17), terlihat wajah sang penyihir lengkap dengan kerutan dan rambut berwarna putih. Ekspresinya tampak datar, dengan bola mata berwarna cokelat.

Seniman forensik asal Universitas Dundee, Skotlandia, Christopher Rynn mengatakan, kisah Lilias lebih dari sekadar penyihir. Dia meninggal dalam kematian yang mengenaskan.

“Jadi saya tidak melihat alasan untuk menggambar ekspresi yang tidak menyenangkan atau ekspresi jahat. Pada akhirnya, dia memiliki wajah yang cukup bagus, cukup alami,” katanya.

Proyek ini merupakan kolaborasi antara tim sejarah Skotlandia dan arkeolog Douglas Speirs, yang mengindentifikasi titik kuburan Lilias Adie di sekitar garis pantai Fife, di Skotlandia.

Sebelumnya, kerangka Lilias digali oleh kolektor benda kuno pada abad ke-19. Kemudian, tengkoraknya disimpan di Museum Universitas Saint Andrews.

Pada abad ke-20, tengkorak penyihir tersebut hilang. Sebelum raib, tengkorak Lilias sempat diabadikan dalam beberapa foto. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *