Unik, Informatif , Inspiratif

Bekas Tambang Disulap Jadi Hotel Mewah di Kedalaman 300 kaki Bawah Tanah

0 486

Manusia memang mahluk luar biasa. Dia mungkin mahluk pembosan, tapi Tuhan menganugerahinya dengan otak untuk mencari jalan membuang kebosanannya. Hal ini terekspresikan pada inovasi bidang arsitektur. Bosan dengan bentuk bangunan biasa, Cina membangun sebuah hotel di kedalaman 300 kaki bawah tanah.

Hotel The Intercontinental Shanghai Wonderland ini dibangun di area penambangan yang kini tak dipakai lagi. Dikutip dari Travel and Leisure, hotel ini dibangun di bekas tambang Shenkeng Quarry di Songjiang yang berjarak 22 mil dari Shanghai. Hal yang menakjubkan adalah dari 18 lantai, 16 di antaranya dibangun di bawah tanah bekas area tambang.

BACA JUGA: Sahabat Rasulullah Ini Ternyata Masih Punya Hotel Bintang 5 di Saudi

Hotel mewah ini memeiliki 337 kamar, dibangun menjorok sedalam 300 kaki ke bawah tanah menyesuaikan kedalaman penambangan. Walau berada di bawah permukaan bumi, hotel ini dibangun dengan standar hotel bintang lima.

Dari balkaon kamar, para tamu bisa menikmati pemandangan indah bekas penambangan dari balkon kamarnya. Karena menerapkan nilai-nilai ramah lingkungan, energi yang digunakan untuk operasional hotel pun bersumber dari panas bumi dan tenaga surya.

Insinyur tamannya membangun air terjun mengalir ke kolam yang juga buatan lantai dasar hotel. Pemandangan spektakuler dapat dilihat juga dari dua lantai terbawah yang didesain berada di bawah air. Di sana terdapat kamar untuk tamu, akuarium bawah tanah, kompleks fasilitas olah raga, serta kolam renang.

BACA JUGA: Mari ke Hoshi, Hotel Tertua di Dunia yang Masih “Hidup” 13 Abad

Secara geografis, lokasi hotel cukup strategis karena berada tak jauh dari obyek wisata Chenshan Botanic Garden dan Taman Nasional Shenshan.

Bila melihat hasil bangunan yang cukup menakjubkan, maka pembangunannya memakan waktu lama, yaitu 10 tahun dan melibatkan lebih dari lima ribu insinyur, desainer, arsitek, dan pekerja, menjadi setimpal. []

SUMBER: REPUBLIKA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline