hacker
hacker (foto: bedahtekno)

Belajar dari Internet, Hacker Lulusan SMP Bisa Bobol 4.600 Situs

hacker
hacker (foto: bedahtekno)

INSPIRADATA. Hacker atau Cracker muda “jahat” asal Jakarta, diketahui hanya lulusan SMP. Meski begitu, 4.600 situs telah diretasnya, Bagaimana bisa?

SH, 19 tahun alias Haikal menjadi otak dari empat serangkai peretas situs. Kasus kejahatan tersebut terungkap oleh kepolisian, bermula dari penyidikan kerugian sebuah perusahaan jual-beli tiket PT Global Networking hingga Rp 4 miliaran.

Menurut keterangan Brigjen Rikwanto di Mabes Polri Jakarta Selatan, SH belajar secara otodidak dati internet, beberapa yang diketahui dari 4.600 situs tersebut adalah situs milik Polri, situs ojek online dan beberapa situs luar negeri.

Dalam kasus peretasan situs ‘tiket.com’ tersebut, terjadi pada 11 November 2016 lalu. Akun mereka dipakai sejak tanggal 11 sampai 27 Oktober 2016. Dari para pelaku, polisi menyita 7 unit handphone, 3 buah kartu ATM, 2 buah SIM, 2 buah KTP, 2 unit laptop, serta tabungan dengan saldo sebesar Rp 212 juta.

Sumber: detik


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *