Unik, Informatif , Inspiratif

Belanda Bayar Warganya agar Naik Sepeda

0

Di Belanda Dengan populasi 17 juta warga terdapat 23 juta sepeda. Jadi Belanda memiliki lebih banyak sepeda dibandingkan manusia. Sekarang, negara itu ingin lebih banyak sepeda berada di jalanan.

Agar terwujud rencananya itu, Belanda pun akan membayar warganya yang bersedia naik sepeda. Pemerintah Belanda baru-baru ini mengumumkan akan menginvestasikan USD390 juta untuk infrastruktur sepeda agar 200.000 orang lebih dapat berkomuter dengan sepeda dalam tiga tahun mendatang.

Kebijakan ini bukan karena tidak banyak warga yang bersepeda di Belanda. Pada 2016, lebih dari seperempat dari total perjalanan dilakukan warga Belanda dengan naik sepeda, menurut data Institut Belanda untuk Analisis kebijakan Transportasi.

BACA JUGA: 4 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan

Tapi, hanya 25% perjalanan itu yang terkait untuk ke tempat kerja, dibandingkan dengan 37% yang melakukannya untuk bersantai. Sisanya sepedah digunakan untuk sekolah, belanja, atau aktivitas lain.

Van Veldhoven menjelaskan bahwa lebih dari 50% orang di Belanda tinggal kurang dari 15 km dari tempat kerja dan lebih dari setengah komuter dengan mobil menempuh jarak kurang dari 7,5 km. “Jarak itu dapat dengan mudah diganti dengan sepeda,” papar dia.

Agar warga meninggalkan mobil mereka, pemerintah akan mengeluarkan uang. Uang itu akan digunakan oleh pemerintah Belanda untuk memberi imbalan kepada komuter pengguna sepeda dengan kredit pajak hingga USD0,22 per km.
Berbagai perusahaan dan karyawan pun akan sepakat dengan jarak rute sepeda per orang.

BACA JUGA: Pertama Kalinya Arab Saudi Mengadakan Lomba Balap Sepeda bagi Wanita

Untuk mendukung para goweser, sebanyak 15 rute telah dikembangkan menjadi “jalan tol sepeda” yang khusus digunakan para pengendara sepeda.

Dilansir CNN, Kementerian Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda, menyatakan: “Sebanyak 25.000 tempat parkir sepeda akan dibangun dan lebih dari 60 fasilitas gudang sepeda akan diperbaiki.”

Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Belanda Stientje van Veldhoven yang memimpin proyek tersebut.mengatakan: “Ambisi saya untuk menjamin orang dapat mudah berangkat kerja atau sekolah, atau mengunjungi keluarga dan teman.”

Kementrian itu juga mengungkapkan bahwa meski demikian, ini merupakan tunjangan yang saat ini kurang diketahui kebanyakan pegawai.

Untuk mencapai tujuannya, pemerintah melibatkan banyak perusahaan untuk melakukan promosi.

Saat ini telah ada 11 perusahaan besar di Belanda yang menerapkan kebijakan seperti mendanai sepeda pegawai. Pemerintah mendorong perusahaan memberi fasilitas lebih baik untuk para komuter sepeda, seperti tempat mandi di kantor.[]

SUMBER: SINDONEWS


Artikel Terkait :

Comments
Loading...

Kamu Sedang Offline