hukum muslimah pakai kosmetik
Foto: Pixabay

Beli Kosmetik di Pasar Malam, Wajah Gadis Ini Terkelupas

Foto: Pixabay

Memiliki wajah mulus menjadi dambaan setiap orang. Namun apa jadinya ketika harapan itu tak sesuai kenyataan. Inilah yang dialami oleh seorang gadis berusia 20 tahunan. Ia terpaksa menanggung penderitaan setelah menggunakan satu produk kecantikan yang dibeli di sebuah pasar malam.

Gadis itu mengaku membeli produk tersebut dua minggu sebelumnya. Namun, wajah gadis itu mengalami perubahan di wajahnya setelah mengenakan produk itu.

“Saya bertemu penjual produk tersebut semalam. Penjual itu bilang muka saya jadi begini karena tubuh sedang mengeluarkan racun sebab sebelum ini banyak pakai pencuci muka yang mengandung bahan kimia,” kata gadis itu yang menganggap penjelasan penjual adalah proses penyembuhan.

Kejadian memprihatinkan itu terungkap setelah Dr. Mohd Syamirulah Rahim mengunggah cerita itu di akun Facebook miliknya. Dia berbagi mengenai pengalaman seorang pasien yang mengalami luka parah di bagian wajah setelah menggunakan produk ilegal.

“Gadis tersebut memakai masker penutup wajah. Aku heran, biasanya penderita Tuberculosis yang diminta memakai masker penutup wajah karena penyakit tersebut menular. Atau pasien kanker yang sedang menjalani kimoterapi karena mereka mudah terinfeksi kuman. Namun ketika dibuka, terpampanglah wajah gadis ini. Kulit wajahnya ternyata terkelupa,” ujar sang dokter seperti dinukil dari mynewshub.

Wajah gadis itu terdapat nanah kering sebesar uang logam bertumpuk di pipi. Masih ada bagian kulit mukanya yang kemerahan, berlendir. Ada juga bisul baru muncul, persis jerawat.

Lebih lanjut Dr Syamirulah menjelaskan itu bukanlah proses penyembuhan tetapi efek dari penggunaan produk yang menggunakan bahan kimia bernama tretinoin.

Tretinoin adalah sejenis bahan yang digunakan untuk mengobati jerawat. Tapi, itu sangat kuat efek sampingnya.

“Efek samping yang saya maksud, adalah jika seseorang itu mengandung, sadar atau tidak, khususnya pada trimester pertama, janin berisiko mengalami cacat,” tegasnya. []


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *