mobil, Belum Bisa Baca Tulis Qur’an, Mobil Iqra Bisa Bantu Kok
Unik, Informatif , Inspiratif

Belum Bisa Baca Tulis Qur’an, Mobil Iqra Bisa Bantu Kok

0

mobil, Belum Bisa Baca Tulis Qur’an, Mobil Iqra Bisa Bantu KokINSPIRADATA. Pelajaran agama sangat penting ditanamkan sejak dini. Terutama membaca dan menulis Qur’an (BTQ). Namun, masih ada kendala kurangnya fasilitas, keterbatasan akses informasi dan pendidikan yang masih kurang merata. Sehingga tidak semua anak dapat memperoleh pendidikan BTQ tersebut.  Apalagi anak jalanan dan  anak dari keluarga yang kurang mampu. Apalagi yang ada di lingkungan terpencil.  

Dilansir dari kabar24, Kala merayakan HUT ke-11 pada 20 November ini, CT ARSA Foundation meluncurkan Mobil Iqro di Jakarta. Peluncuran Mobil Iqro diresmikan langsung oleh founder CT ARSA Foundation, Anita Ratnasari Tanjung.

CT ARSA Foundation sendiri merupakan yayasan yang dibentuk oleh Chairul Tanjung dan Anita Ratnasari Tanjung, istrinya. Yayasan ini fokus terhadap bidang pendidikan.  Kiprahnya yang  Pertama adalah  mendirikan Rumah Anak Madani di Deli Serdang. Guna membantu anak-anak korban tsunami Aceh pada tahun 2005. Rumah ini merupakan cikal bakal dari SMA Unggulan CT Foundation di Medan yang diresmikan pada tahun  2010.

Yayasan ini kemudian mengembangkan program pendidikannya ke ranah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk memastikan tercapainya pendidikan berkualitas sedini mungkin bagi anak-anak Indonesia.

Mobil Iqro yang baru diluncurkan kemarin (20/11/2016) itu merupakan salah satu bentuk nyata dari program pendidikan Yayasan tersebut.  Mobil ini khusus dibuat untuk membantu anak-anak dan orang dewasa yang kurang mampu agar dapat lebih dekat dan paham terhadap agama Islam.

Seorang pembimbing akan disertakan dalam setiap unit Mobil Iqro. Pembimbing tersebut akan siap mengumandangkan adzan setiap waktu sholat tiba, langsung dari dalam mobil. Mobil Iqro juga akan mengajarkan bagaimana baca tulis Al-Quran, berwudhu, sholat, serta pemahaman akan ilmu agama.

Rencananya, Mobil Iqro akan menjangkau berbagai daerah kumuh dan terpencil. Pengadaan Mobil Iqro ini memang dilatarbelakangi pengalaman Anita sendiri saat berkunjung ke kawasan pemulung.  Anita menemukan pendidikan agama di lingkungan pemulung masih rendah.

“Maka kami bertekad untuk memfasilitasi para pemulung untuk belajar agama dan membaca Al-Quran. Kami ingin agar mereka juga dapat menjalankan sholat lima waktu,” tuturnya.

Oleh karena itu, Anita mendedikasikan Mobil Iqro ini untuk para pemulung dan masyarakat yang tinggal di daerah pelosok,  “Setelah belajar ilmu agama, mereka dapat melanjutkan dengan menikmati perkembangan ilmu agama lewat buku-buku agama,” jelas  istri Chairul Tanjung tersebut.[]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.