Unik, Informatif , Inspiratif

Benarkah Anak yang Cerdas Lahir dari Ibu yang Cerdas

0

Memiliki anak yang cerdas merupakan dambaan setiap orang tua. Karena menurut mereka, anak yang cerdas akan meninggikan derajat orang tua.

Banyak orang yang mengatakan, “Jika ingin memilki anak cerdas, carilah istri yang cerdas.”

Lalu, apakah hal ini dibenarkan oleh medis?

BACA JUGA: Jangan Sampai Merasa Gagal Mendidik Anak

Dari tanyadok(dot)com, dalam keadaan normal, manusia memiliki 23 pasang kromosom yang berasal dari 23 kromosom XX (ibu) dan 23 kromosom XY (ayah).

Menurut Dr. Ben Hamel, seorang ahli genetika dari UMC Nijmegen Netherlands, kecerdasan seseorang terkait dengan kromosom X yang berasal dari ibu. 23 pasang kromosom XX yang dimiliki ibu tentunya lebih berperan dalam menentukan kecerdasan seseorang.

Oleh karena itu, ibu yang cerdas berpotensi melahirkan anak yang cerdas pula.

Akan tetapi hal ini tidak mutlak terjadi. Akibat banyak faktor yang bisa menggagalkan penurunan kecerdasan dari ibu kepada anak. Salah satunya disebabkan oleh gagalnya peleburan kromosom saat fertilisasi.

Nah, kegagalan ini ternyata bisa menimbulkan retardasi mental. Retardasi mental atau disabilitas intelektual adalah keadaan dengan tingkat kecerdasan di bawah rata-rata atau kurangnya kemampuan mental dan keterampilan yang diperlukan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA: Ayo Belajar Mendidik Anak Balita dengan Parenting Islami

Hal ini bisa memengaruhi tingkat kemampuan kognitif, bahasa, motorik, dan sosial.

Anak yang mengalami retardasi mental dibedakan menjadi berbagai tingkatan. Jika kita pukul rata, anak-anak ini biasanya memilki kesulitan belajar, memilki tingkat konsentrasi rendah, sensitive, pemalu, autis, atau epilepsy.

Tidak perlu khawatir, retardasi mental bisa diatasi dengan penanganan yang tepat. Di antaranya terapi bahasa, terapi fisik, terapi bicara, konseling, dan pemberian obat-obatan. Hal ini dapat membantu mereka untuk hidup mandiri tanpa menyulitkan orang lain. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.