Unik, Informatif , Inspiratif

Benarkah Aplikasi FaceApp Berbahaya?

0

APLIKASI FaceApp saat ini kembali viral di media sosial. Banyak orang berbondong-bondong mengedit foto mereka menjadi terlihat tua dan kemudian diunggah ke media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Namun banyak yang menyebut aplikasi FaceApp berbahaya , benarkah?

Aplikasi buatan Rusia itu kian terkenal karena sejumlah selebritas Tanah Air dan mancanegara mengedit wajah mereka menjadi tampak jauh lebih tua menggunakan FaceApp. Bahkan, tren #FaceAppChallenge sempat viral di berbagai platform media sosial.

BACA JUGA: Ini 5 Aplikasi Smartphone biar Ramadhan Makin Lancar

Aplikasi FaceApp merupakan aplikasi pengubah potret wajah berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang bisa ‘mengubah’ raut wajah manusia secara ekstrem. Anak muda bisa tampak tua, dan sebaliknya, orang tua bisa terlihat seperti anak-anak.

Namun bukan tanpa cela, aplikasi buatan Rusia tersebut diduga diam-diam mencuri data pengguna, seperti foto wajah, yang dikhawatirkan akan dimanfaatkan untuk keperluan tertentu.

Banyaknya orang yang menyebut aplikasi FaceApp berbahaya, membuat Yaroslav Goncharov selaku CEO FaceApp mengeluarkan beberapa pernyataan. Berikut uraian pernyataannya:

1. Kami tidak menjual atau membagikan data pengguna apa pun dengan pihak ketiga mana pun.

2. Meskipun tim R&D inti berlokasi di Rusia, data pengguna tidak ditransfer ke Rusia.

3. FaceApp melakukan sebagian besar pemrosesan foto di cloud. Kami hanya mengunggah foto yang dipilih oleh pengguna untuk diedit. Kami tidak pernah mentransfer gambar lain dari telepon ke cloud.

BACA JUGA: Aplikasi Santri Mentor Siap “Imankan” Generasi Milenial

4. Kami mungkin menyimpan foto yang diunggah di cloud. Alasan utamanya adalah untuk kinerja dan lalu lintas: kami ingin memastikan bahwa pengguna tidak mengunggah foto berulang kali untuk setiap operasi pengeditan. Sebagian besar gambar dihapus dari server kami dalam waktu 48 jam sejak tanggal pengunggahan.

5. Semua fitur FaceApp tersedia tanpa perlu memasukkan akun dan Anda hanya bisa masuk dari layar pengaturan. Karenanya 99% pengguna tidak masuk menggunakan akun pribadi; oleh karena itu, kami tidak memiliki akses ke data apa pun yang dapat mengidentifikasi seseorang.

6. Kami menerima permintaan dari pengguna untuk menghapus semua data mereka dari server kami. Tim dukungan kami saat ini kelebihan beban, tetapi permintaan ini menjadi prioritas kami. Untuk pemrosesan tercepat, kami sarankan mengirim permintaan dari aplikasi seluler FaceApp menggunakan “Pengaturan > Dukungan > Laporkan bug” dengan kata “Privasi” di baris subjek. Kami sedang mengerjakan UI yang lebih baik untuk itu.

Meski pihak FaceApp sudah memberikan klarifikasi, namun hingga saat ini belum ada kepastian apakah pihak FaceApp benar-benar melakukan hal-hal seperti pernyataan di atas. []

SUMBER: JALANTIKUS.COM


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.