manfaat bawang putih
Foto: Cook'n

Benarkah Bawang Putih Bisa Sembuhkan Bisul?

Bisul adalah infeksi bakteri yang menyebabkan peradangan di dalam folikel rambut (lubang tempat rambut tumbuh).

Mula-mula, kulit di area infeksi menjadi merah dan muncul benjolan. Setelah 4-7 hari, benjolan tersebut mulai mengandung nanah.

Bawang Putih?

Keberadaan bisul kerap mengganggu kenyamanan karena terasa nyeri, apalagi bila terletak di area yang kerap tersentuh. Daripada repot ke dokter, banyak orang memilih mengobati bisul menggunakan bawang putih.

Mereka kerap menghaluskannya terlebih dahulu, lalu membubuhkannya tepat di atas bisul. Namun apakah benar bahwa cara pengobatan tersebut dapat meredakan bisul?

Salah satu bumbu masakan ini memang sering menjadi alternatif untuk mengobati beberapa penyakit. Sebab, bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Khasiatnya antara lain yaitu sebagai antikanker dan antijamur.

Bawang putih juga berperan sebagai antibakteri. Mungkin, hal itu yang membuat banyak orang mengira bawang putih dapat menjadi obat bisul. Padahal belum ada penelitian khusus yang mendukung anggapan tersebut.

Hanya Bisa Mempercepat Proses Penyembuhan

Bawang putih hanya dapat digunakan sebagai terapi tambahan untuk mempercepat proses penyembuhan bisul. Pemakaiannya juga tidak boleh sembarangan. Sebab, bisul sangat rentan terhadap infeksi lain.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kebersihan bawang putih untuk mengatasi bisul. Selain itu, alat-alat yang digunakan untuk menghaluskannya juga harus higienis. Dosis bawang putih yang tepat juga harus Anda pahami.

Hindari pula memecah bisul dengan paksa untuk mencegah infeksi sekunder dari bakteri yang lain. Menjaga kebersihan sangat penting guna mempercepat penyembuhan bisul yang telah terinfeksi.

Pada umumnya, bisul dapat sembuh sendiri tanpa perawatan medis. Bawang putih hanya berperan sebagai terapi tambahan untuk mempercepat penyembuhan bisul. Jika ukuran bisul semakin besar dan tidak sembuh sekitar dua minggu, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. []

Klikdokter


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *