Unik, Informatif , Inspiratif

Benarkah Deodorant Bisa Sebabkan Kanker Payudara?

0

Letak ketiak yang dekat dengan payudara membuat dugaan bahwa apa pun yang digunakan ketiak bisa berdampak kepada kesehatan organ payudara. Terlebih ketika ditemukannya unsur tertentu dari deodoran pada jaringan payudara yang memunculkan  kekhawatiran bahwa deodoran menjadi pemicu kanker payudara.

Deodorant atau antiprspirants dipakai untuk mencegah bau badan tidak sedap, ketika keringat keluar berlebih.

Dilansir dari Cancer.gov, memang ada beberapa studi yang membahas soal hubungan antara deodorant dengan kanker. Sebuah studi yang dipublikasi tahun 2002 menyimpulkan tidak ada risiko kanker payudara yang meningkat di antara para perempuan yang menggunakan deodorant.

BACA JUGA: 7 Kebiasaan Penyebab Kanker yang Tidak Disadari Masyarakat

Sementara itu, penelitian yang dilakukan pada 2006 menunjukkan tidak ada asosiasi antara produk deodorant dengan risiko kanker payudara.

Meski begitu, beberapa produk deodorant dilaporkan mempunyai beberapa bahan berbahaya yang bisa mengganggu kesehatan. Dilansir dari Ann-Marrie Gianni.com, bahan berbahaya tersebut antara lain alumunium yang memblokir kelenjar keringat untuk mengurangi keringat berlebih bisa meningkatkan risiko Alzeimer.

BACA JUGA: Sebenarnya Kanker Itu Disebabkan oleh Apa?

Juga, ada phthalates yang biasanya hanya ditulis sebagai fragrance dalam daftar kandungan di kemasan produk. Bahan ini bisa menyebabkan kemandulan, timbulnya asma, bahkan endometriosis.

Namun, dikutip dari Alodokter, pada penelitian-penelitian selanjutnya tidak menemukan adanya bukti kuat bahwa deodorant dapat meningkatkan risiko kanker. []

SUMBER: FIMELA | ALODOKTER


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.