Unik, Informatif , Inspiratif

Benarkah Gula Berbahaya bagi Kesehatan?

0

Di zaman sekarang, semakin banyak orang yang menghindari konsumsi gula dengan tujuan untuk menjaga kesehatan. Gula sering kali dianggap sebagai bahan makanan yang memicu timbulnya berbagai penyakit. Bahkan gula dianggap sebagai “musuh” bagi sebagian orang.

Gula memang sangat berkaitan dengan penyakit diabetes dan obesitas. Oleh karena itu, banyak orang menghindari gula agar tidak terkena dua gangguan kesehatan tersebut. Lantas, apakah gula berbahaya bagi tubuh? Apakah ia tidak memiliki manfaat sama sekali? Simak ulasannya berikut ini.

Apakah gula berbahaya bagi tubuh? Jawabannya adalah tidak selalu. Berikut adalah manfaat gula bagi tubuh:

1. Sebagai energi tubuh

Gula memberikan energi untuk proses fisiologis tubuh, seperti respirasi, irama jantung, regulasi suhu tubuh, dan masih banyak lagi. Tanpa gula, organ di dalam tubuh — terutama otak — tidak akan dapat bekerja secara normal.

2. Sebagai simpanan energi tubuh

Gula yang berlebihan pada tubuh akan disimpan menjadi glikogen. Glikogen ini disimpan di otot dan hati. Glikogen pada otot hanya dapat digunakan oleh otot. Sedangkan pada hati, glikogen dapat digunakan oleh jaringan lain yang membutuhkan.

Sebagai contoh, otak adalah organ yang sangat membutuhkan gula. Ketika gula darah seseorang rendah, glikogen hati akan ke otak untuk memenuhi kebutuhan gula.

3. Sebagai simpanan energi tubuh

Gula memang merupakan simpanan energi tubuh. Namun ketika gula darah sangatlah sedikit, tubuh akan memecah sumber lain untuk menjadikan energi seperti protein.

Alhasil protein ini tidak dapat digunakan sesuai fungsinya, yaitu membangun otot dan mempertahankan massa otot. Oleh karena itu, gula juga dapat berfungsi untuk mencegah pemecahan otot.

4. Sebagai simpanan energi tubuh

Gula yang dikonsumsi secara berlebihan selain disimpan sebagai glikogen, juga akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk asam amino (protein) dan asam lemak (lemak). Sehingga, ketika sangat diperlukan, bentuk lain ini akan dipecah menjadi energi.

Manfaat gula sudah dijelaskan di atas dan ternyata sangat penting untuk tubuh. Jika kekurangan gula, tubuh tidak dapat berfungsi secara baik. []

SUMBER: www.klikdokter.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.