Benarkah Kuah Masakan Padang Bisa Sebabkan Masalah Jantung?

Masakan Padang yang sedianya ada di rumah makan padang, yang menjadi masakan sedap di Indonesia bahkan dunia. Namun, dibalik kenikmatannya–bagi banyak lidah, ada kabar bahwa kuah santannya membahayakan kesehatan jantung. Benarkah seperti itu?

Pakar kesehatan spesialis kesehatan jantung dr. Jetty Sedyawan, Sp.JP(K), FIHA, FACC, menyebutkan, kebanyakan orang memang lebih suka memperbanyak kuah makanan padang dibandingkan dengan mengambil daging, apalagi sayurnya.

Memang, rasa kuah masakan padang memang nikmat, sayangnya, kuah ini kaya akan asam lemak jenuh. Jika kita kerap mengonsumsinya dengan porsi yang berlebihan, maka dikhawatirkan lemak ini akan menumpuk pada pembuluh darah hingga memicu penyumbatan aliran darah.

Jika kita melakukan kegiatan yang memicu peningkatan adrenalin layaknya olahraga atau sekadar baru bangun tidur, maka dikhawatirkan tumpukan lemak ini memicu serangan jantung yang sangat berbahaya.

Melihat fakta tersebut, ada baiknya memang kita menurunkan asupan makanan berlemak. Adapun untuk makanan padang, ada baiknya agar kita tak berlebihan dalam memakan santannya.

Selain itu, pastikan untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga, menerapkan pola makan dengan kadar gizi yang seimbang, banyak beristirahat, dan tidak merokok serta mengonsumsi minuman beralkohol demi menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. []

Sumber: Doktersehat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *