manfaat rahasia telur ayam
Foto: The Huffington Post

Benarkah Makan Telur Berlebihan Sebabkan Batu Ginjal?

Telur, salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan gizinya bahkan dipercaya dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Dan, benarkah anggapan soal mengonsumsi telur secara berlebih dapat memicu batu ginjal?

Menurut dr. Sara Elise Wijono MRes, konsumsi telur secara berlebihan dapat memicu pembentukan batu ginjal. Protein hewani umumnya akan dipecah menjadi purin dan hasil akhir metabolismenya adalah asam urat. Kadar asam urat tinggi dalam urine dapat membentuk batu asam urat, yang merupakan salah satu jenis batu ginjal.

Menurut dr. Sara, meski jika benar adanya telur dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal, menghindari telur atau sumber protein hewani lainnya bukanlah tindakan tepat. Pasalnya, protein adalah salah satu sumber nutrisi utama yang dibutuhkan manusia.

Lalu, berapa jumlah telur yang aman dikonsumsi dalam sehari?

Walaupun belum ada batasan maksimal yang pasti, mengonsumsi tiga butir telur sehari masih dianggap aman untuk kesehatan. Anda tidak perlu takut dengan kandungan kolesterol yang terdapat dalam telur, selama dikonsumsi dalam porsi yang seimbang.

Pada dasarnya batu ginjal dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk usia, jenis kelamin, diet, metabolisme abnormal, penyumbatan saluran kemih, infeksi, dan efek samping obat-obatan. Ginjal yang rusak dapat menyebabkan seseorang memiliki kadar kreatinin yang tinggi, proteinuria, dan darah dalam urine.

Jadi, Anda boleh-boleh saja mengonsumsi telur asalkan dalam porsi sewajarnya. Selain itu, minumlah cukup air setiap hari untuk mencegah terjadinya batu ginjal. []

Klikdokter


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *