Unik, Informatif , Inspiratif

Benarkah Musik di Restoran Bikin Pengunjung Tambah Gendut

0
, Benarkah Musik di Restoran Bikin Pengunjung Tambah Gendut
Foto: Makan di restoran sambil mendengarkan musik (wajib baca)

INSPIRADATA. Apabila anda berkunjung ke sebuah kafe dan restoran pasti anda akan mendengar ada sebuah musik yang sengaja restoran itu siapkan untuk membuat para pengunjung nyaman. Bahkan dikebanyakan kafe saat ini leboh memilih mengadakan musik live dengan tujuan agar pengunjung dapat turut berpartisipasi dan menyumbangkan suara emasnya.

Dilansir oleh CNNIndonesia, ternyata musik yang mengalun di kafe dan restoran bukan sekadar untuk membuat Anda merasa santai dan nyaman. Namun sebenarnya, musik dalam restoran ternyata memberi dampak besar pada selera makan Anda.
Hal ini dibuktikan oleh sebuah perusahaan startup musik yang didukung Spotify merilis studi tentang dampak musik latar dalam pengaturan restoran.

Studi tersebut melakukan jajak pendapat pada 2101 pelanggan dan mempelajari 1,8 juta transaksi unik pada 16 lokasi di restoran.

Empat restoran diatur agar memiliki pendekatan musik yang berbeda-beda. Satu restoran yang diatur dengan 1000 campuran lagu yang kurang dikenal tapi yang masih sesuai dengan gambaran restoran,  restoran dengan musik dari lagu-lagu populer Spotify dan sejalan dengan citra restoran, pilihan lagu acak, dan tidak ada musik sama sekali.

Para peneliti menemukan bahwa musik yang sesuai dengan citra restoran ternyata dapat meningkatkan penjualan. Penjualan ini meningkat terutama pada makanan penutup. Selain itu, pelanggan pun juga betah berlama-lama tinggal di restoran. Di satu sisi, kondisi tersebut mungkin baik untuk pengusaha restoran. Namun bagi konsumen yang tak bisa mengontrol selera makan, akan berakibat pada konsumsi makanan berlebihan dan akhirnya menggemuk.

Sebaliknya, musik yang terlalu mainstream ternyata bisa menurunkan penjualan. Dibanding memilih musik yang salah, mainstream, dan tidak sejalan dengan tema restoran, lebih baik tak ada musik sama sekali.

BACA JUGA:

Restoran Jepang ini Sediakan Sushi Halal dan Mushola, Penasarankan?

Ayah yang Sempat Viral Rela Tak Makan Demi Anaknya Kini Diberi Hadiah

“Alam bawah sadar sangatlah penting,” kata co founder Soundtrack Your Brand Ola Sars.

Sars menambahykan bahwa menemukan musik yang sempurna akan melibatkan emosional seseorang secara halus. Pelanggan ‘menolak’ mendengar lagu-lagu yang terlalu populer karena mereka mungkin beranggapan bahwa itu terlalu mengganggu. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.