fakta nama pontianak
Foto: Indonesia.Travel

Benarkah Nama Kota Pontianak Berasal dari Kuntilanak?

Indonesia mempunyai banyak kota misteri yang dianggap menyimpan sisi mistis, angker, misterius, dan diliputi dengan nuansa gaib.

Salah satunya yaitu Kota Pontianak. Kota ini dikenal dengan Kota Khatulistiwa, karena letaknya berada di garis khatuliswa. Pontianak juga memiliki sejarah cerita mistis yang sangat kental.

Konon, dahulu sebelum ada pemukiman, masyarakat di kota ini sering resah dengan keberadaan hantu kuntilanak yang selalu mencuri anak kecil.

BACA JUGA: Ilmuwan Temukan Galaxy Hantu&

Penduduk mengaku selalu diganggu hantu kuntilanak yang tinggal di pepohonan.

Dari cerita yang beredar, Syarif Abdur Rahman bin al-Habib Husein al-Qadri kemudian memimpin masyarakat untuk mengusir hantu-hantu penculik anak kecil itu. Dan akhirnya, Syarif Abdul Rahman al Qadri ditetapkan sebagai pendiri Kerajaan Pontianak. Sejarah itulah yang menjadikan kota ini diberi nama Pontianak.

BACA JUGA: Inilah Cara agar Tidak Takut Hantu

Dalam kisah tersebut, Syarif Abdur Rahman bin al-Habib Husein al-Qadri bersama masyarakat juga menggunakan meriam dari bambu untuk mengusir hantu-hantu yang hidup di pepohonan tersebut.

Saat ini, meriam yang dulunya dipakai mengusir hantu tersebut kini menjadi alat tradisi warga Pontianak untuk menyambut bulan suci Ramadhan. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *