kosmetik, bahaya, ibu hamil
Foto: Kanal247

Benarkah, Paparan Kosmetik pada Ibu Hamil Sebabkan Pubertas Dini Anak

Pagi para ibu hamil, wajah pucat selama kehamilan sudah biasa. Wajah pucat ibu hamil merupakan indikasi kekuranagn zat-zat tertentu dna mungkin ibu tersebut menderita anemia.

Untuk menutupinya mereka mencari berbagai cara, slah satunya memakai make up. Tapi, bukankah ibuhamil itu memiliki kesehatan yang sensitif. Saat sakit pun tak bisa sembarang obat diminum.

BACA JUGA: Kapan Tanda Kehamilan Bisa Dirasakan?

Berbicara masalah make up, umumnya merupakan campuran dari beragam senyawa kimia, beberapa terbuat dari sumber-sumber alami dan kebanyakan dari bahan sintetis.

Lalu apakah memakai make up saat hamil itu aman?

Ternyata, paparan kosmetik pada anak dan ibu hamil berdampak pada perkembangan anak perempuan. Penelitian di Amerika Serikat menunjukkan anak perempuan yang terpapar bahan kimia dari kosmetik sebelum lahir mengalami masa pubertas lebih awal dibandingkan yang tidak.

BACA JUGA: Berapa Banyak Air yang Harus Diminum Ibu Hamil?

Di sisi lain juga, penelitian ini menemukan paparan bahan kimia tidak memengaruhi pubertas pada anak laki-laki

Penelitian dilakukan dengan menguji urine ibu ketika hamil dan mewawancarai mereka tentang paparan bahan kimia. Lalu urine anak-anak diuji untuk melihat bahan kimia pada usia 9 tahun. Peneliti juga melihat adanya tanda-tanda perkembangan pubertas setiap sembilan bulan antara usia 9-13 tahun.

Hasil dair penelitian tersebut, lebih dari 90 persen sampel urine anak-anak menunjukkan konsentrasi semua zat kimia yang berpotensi mengubah hormon. []

SUMBER: CCNINDONESIA


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *