foto: IntipsLagi

Benarkah Penderita Diabetes Tak Boleh Minum Kopi?

penderita diabetes
penderita diabetes (foto: IntipsLagi)

INSPIRADATA. Mungkin ini adalah mitos yang dipercaya oleh banyak orang, dimana ada baiknya penderita diabetes tidak lagi mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi.

Padahal, bagi seseorang yang sebelumnya sudah terbiasa mengkonsumsi kopi untuk mendongkrak semangatnya, larangan ini tentu akan membuat mereka kesulitan. Sebenarnya, apakah memang penderita diabetes tidak boleh lagi minum kopi?

Pakar kesehatan dr. Benny Santosa, SpPD, KEMD, menyebutkan bahwa mitos ini tidak benar adanya. Menurut beliau, sudah ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kafein bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, termasuk bagi mereka yang menderita diabetes.

Alih-alih melarang konsumsi minuman ini, ada baiknya kopi justru dikonsumsi para penderita diabetes karena adanya kandungan kafein dan antioksidan yang baik bagi otot-otot jantung dan kesehatan tubuhnya secara keseluruhan.

BACA JUGA
Kenali Gejala Diabetes Sekarang Juga!
Makanan Ini Harus Dihindari oleh Penderita Diabetes

Meskipun tidak masalah untuk dikonsumsi, dr. Benny juga mengingatkan para penderita diabetes untuk tidak mengkonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya secara berlebihan. Menurut beliau, satu cangkir kopi setiap hari sudah cukup dan akan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, bisa jadi penderita diabetes justru merasakan efek samping layaknya jantung yang berdebar-debar.

Selain membatasi asupan kopi setiap hari, ada baiknya penderita diabetes juga membiasakan diri untuk tidak menkonsumsi kopi tanpa gula. Sebagaimana kita ketahui, gula adalah salah satu musuh utama bagi penderita diabetes dalam menjaga kesehatan tubuhnya.

Jika penderita diabetes sembarangan mengkonsumsi gula, bisa jadi kadar gula dalam darahnya akan tidak terkendali dan pada akhirnya memicu komplikasi yang bisa membahayakan. Mengingat kita sudah mendapatkan asupan gula dari berbagai makanan yang kita konsumsi setiap hari, ada baiknya memang kita mengkonsumsi kopi pahit tanpa adanya tambahan gula demi menghindari berbagai masalah kesehatan. []

Sumber


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *