foto: Tips Cantik Sehat

Benarkah Puasa Sebabkan Kantuk?

Kenapa puasa menjadi penyebab kita mudah ngantuk? Hal tersebut disebabkan karena kurangnya asupan makan dan minum. Hal tersebut pun menjadi penyebab menurunnya perubahan pola dan volume konsumsi yang memicu serangan kantuk.

Dilansir dari laman Almadina Institute, kurang asupan makan selama puasa membuat fase siklus tidur REM (Rapid Eye Movement) menurun.

Sebab, fase siklus tidur ini paling banyak membutuhkan energi dari otak dan berkaitan dengan mimpi. Padahal, kecukupan fase tidur di REM ini membantu tubuh dapat menjangkau performa yang baik seperti mengingat banyak memori.

Ini sejalan dengan studi dalam Sleep and Biological Rhythms yang mensurvei para partisipan yang berpuasa di bulan ramadan. Hasilnya, berpuasa secara signifikan menurunkan durasi tidur dan REM di minggu ketiga bulan Ramadan.

Saat seseorang mengalami kekurangan durasi fase REM, tubuhnya akan berusaha memperbaiki kekurangan tersebut dengan menambah fase REM di saat tidur kembali. Di momen perbaikan di malam hari ini, seseorang akan dapat dengan mudah tertidur dengan nyenyak.

Namun, jika fase REM tak dapat diperbaiki di malam hari, ini akan berdampak pada banyak hal. Gangguan akan nampak jelas pada tubuh seperti gangguan psikis yang mencakup rasa cemas, mudah tersinggung dan sulit fokus, serta nafsu makan meningkat.

Meski studi menunjukkan bahwa puasa Ramadan dapat meningkatkan durasi fase REM saat tidur, hal ini bisa juga memberi dampak baik. Sebab, kondisi tersebut dapat memicu depresi yang kemudian membuat keseimbangan neurotransmitter terjaga. []

Sumber: viva.co.id


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *