Foto: Midland Pest Control

Benarkah Sengatan Tawon Bisa Sembuhkan Kanker?

sengatan tawon
sengatan tawon (Foto: Midland Pest Control)

INSPIRADATA. Mungkin Anda pernah mendengar hal semacam itu, sebuah pengobatan menawarkan sengatan tawon atau lebah yang dapat menyembuhkan kanker. Atau menemukan statemen seperti itu dan semacamnya, tapi benarkah itu menurut ilmiah?

Tim peneliti yang berasal dari Sao Paulo State of University dari Brasil dan University of Leeds, Inggris, berhasil mengungkap fakta tentang sengatan tawon Brasil yang ternyata mampu membunuh sel kanker. Dalam sengatan tawon Brasil ini, terdapat toksin MP-1 yang ternyata memiliki bactericide dan kandungan anti tumor.

Toksin ini mampu menyerang komposisi lipid yang ada pada sel membran kanker. Selain itu, melalui mikroskop, diketahui bahwa toksin MP-1 ini mampu mengeluarkan berbagai molekul krusial dalam sel kanker sehingga akhirnya membunuhnya.

BACA JUGA
Mukmin dan Lebah, Seorang Mukmin itu Ibarat Lebah
Inilah 6 Keistimewaan Lebah yang Layak Ditiru Manusia

Dr. Paul Beales dari University of Leeds yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa temuan ini diharapkan mampu menjadi salah satu langkah besar dalam dunia medis mengingat sejauh ini kita masih kesulitan untuk mengobati kanker. Jika sengatan ini dikembangkan dengan cara yang benar, maka diharapkan obat dari sengatan tawon ini bisa dikombinasikan dengan obat kanker yang lainnya untuk menyembuhkan pasien kanker.

Dr. Aine Carthy yang berasal dari Science Informatin Officer Cancer Research UK menyebutkan bahwa penemuan ini adalah kabar baik bagi dunia kesehatan, namun, tetap saja masih dibutuhkan penelitian yang lebih mendalam untuk memastikan bahwa toksin di dalam sengatan tawon ini bisa dikembangkan menjadi obat kanker yang efektif dalam menyembuhkan penyakit yang sangat mematikan ini.

Sumber: doktersehat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *