Unik, Informatif , Inspiratif

Benarkah Simalakama Bikin Dilema?

0
Foto: Brillio.net

INSPIRADATA. Anda tentu pernah mendengar pribahasa, “Bagaikan makan buah simalakama.” Pribahasa tersebut menggambarkan kondisi dimana seseorang terjebak dalam keadaan yang membuatnya serba salah.

Apakah benar jika makan buah simalakama bisa jadi dilema? Eh, sebelum dijawab kita harus tahu dulu, apakah simalakama itu benar-benar buah sungguhan atau hanya mitos?

Dikutip dari Aku Buah Sehat, ternyata simalakama memang benar-benar ada. buah ini adalah tanaman asli Indonesia dengan nama latin Phaleria Macrocarpa atau Phaleria Papuana.

Buah yang pertama kali ditemukan di Papua ini ternyata tidak seperti pribahasa diatas. Bukannya mengundang dilemma, simalakama justru mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan yang terdapat dalam buah ini diantaranya adalah alkaloid, terpenoid, saponim, flavonoid, lignan danresin yang punya khasiat sebagai anti alergi (antihistamin), antioksidan, anti kanker dan juga sintosinon (memudahkan pada saat kelahiran).

Bagian tanaman yang dapat digunakan adalah daun, daging dan kulit buahnya.

Buah ini belakangan lebih populer dengan nama Mahkota Dewa. Bentuknya bulat sebesar sawo dan berwarna hijau kemerahan.

Jika banyak manfaatnya, kenapa simalakama identik dengan dilema?

Pribahasa ‘makan buah simalakama’ tentu tidak muncul begitu saja. Sebab, ternyata simalakama memang buah beracun jika dimakan secara langsung. Jadi, manfaat buah ini hanya bisa dirasakan jika dikonsumsi setelah buah ini dikeringkan terlebih dahulu.[]


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline