Benarkah Susu Bisa Bersihkan Paru-Paru?

Tuberkulosis, paru-paru basah, kanker, asma, infeksi, bahkan sesak nafas kerap dihubungkan dengan penyakit paru-paru. Ada keterangan lain, bahwa susu dapat membersihkan organ vital satu ini, betulkah hal tersebut?

Berdasarkan kabar yang beredar, apabila mengonsumsi susu maka akan tercipta lendir yang cukup banyak. Melalui mekanisme tertentu seperti batuk, diharapkan lendir dapat membersihkan paru-paru dari penyakit.

Susu memang disarankan agar diminum rutin karena minuman ini merupakan salah satu sumber gizi yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain itu, susu juga merupakan sumber yang penting untuk pertumbuhan tulang serta gigi.

Sayangnya mengenai kabar bahwa minum susu memiliki manfaat untuk membersihkan paru-paru, masih perlu penelitian lebih lanjut. Pasalnya, meminum susu tidak berpengaruh untuk membersihkan paru-paru seperti berita yang tengah beredar di kalangan masyarakat.

Untuk menjaga kondisi paru-paru agar tetap prima sebaiknya hentikan kebiasan merokok. Kebiasaan buruk ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, otak dan ginjal. Selain itu, kebiasaan merokok bisa menyebabkan orang bukan perokok menjadi perokok pasif sehingga rentan terkena penyakit paru-paru.

Dan, susu sebagai minuman yang memiliki nutrisi tinggi, memang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Namun, manfaat susu untuk membersihkan paru-paru, tampaknya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Sedangkan tindakan yang lebih penting untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selain mengonsumsi makanan bergizi – termasuk minum susu – Anda juga perlu melakukan olahraga secara rutin dan cukup istirahat. []

Klikdokter


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *