kenapa tertawa pakai wkwkwk
Foto: Tertawa (bbc)

Benarkah Tertawa Obat dari Segala Penyakit? Inilah Faktanya!

 

Tertawa
Foto: Tertawa (bbc)

INSPIRADATA. Ada yang mengatakan bahwa hati yang gembira adalah sebuah obat yang dapat menyehatkan tubuh. Dan hati yang gembira itulah berawal dari sebuah tawa.

Dilansir dari CNNIndonesia, pada tahun 1960, ada seseorang bernama Norman Cousins didiagnosa menderita arthritis atau penyakit masa senja yang membuat tubuh bengkak dan susah bergerak.

Akibat penyakit byang dia derita akhirnya Norman memutuskan untuk mengikuti program terapi humor yang dia buat sendiri.

Dan hasilnya pun membuktikan bahwa tertawa membantu dia untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Sampai ke titik di mana dia bisa tidur nyenyak dan bebas dari rasa sakit.

Setelah dia benar-benar sembuh dengan usaha yang dia lakukan. Akhirnya diapun turut membantu UCLA Medical School untuk mendirikan Task Force Penelitian Humor. Mereka meneliti hubungan tawa atau humor dengan kesehatan dalam konteks medis.

Dari hasil penelitian tersebut, para peneliti akhirnya menemukan beberapa fakta tentang efek dari terapi humur untuk kesehatan.

Dan inilah lima fakta tentang tertawa:

1. Tertawa seperti pijatan lembut untuk tubuh
Setelah tertawa selama 45 menit, otot-otot perut akan bisa rileks kembali. Bahkan menurut Paul E. McGhee, PhD, salah satu studi menunjukkan bahwa orang akan lebih mampu untuk mengendurkan otot mereka setelah tertawa karena kartun lucu, daripada setelah mengagumi pemandangan yang indah.

2. Tertawa menurunkan stres dan pilek
Setelah beberapa hari kamu mengalami stres terus menerus, hormon stres dapat mengambil alih tubuh sehingga kamu mudah terkena banyak penyakit.

Oleh karena itu kurangi beberapa hormon yang merugikan kamu, dan mulai untuk lebih banyak menyenangkan tubuh dan hari-hari dengan sesuatu yang lucu.

3.Meningkatkan toleransi atas rasa nyeri
Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang menonton atau mengalami situasi komedi, mampu mentolerir rasa sakit. Diperkirakan bahwa alasan untuk ini adalah pelepasan endorfin setelah perut tertawa.

4. Tertawa adalah latihan yang baik
Respons tubuh terhadap tertawa sangat mirip dengan respons tubuh terhadap latihan. Setelah beberapa detik tertawa, detak jantung akan terangkat atau situasi yang disebut sebagai joging internal.

BACA JUGA:

Ini Dia Etika Tertawa Dalam Ajaran Islam

5. Sehat untuk jantung
Sebuah studi di Medical Center di University of Maryland di Baltimore. Dengan menggunakan kuesioner, penelitian ditentukan dengan subyek yang menderita penyakit jantung, yang 40 persen lebih kecil kemungkinannya untuk tertawa dalam banyak situasi.

Itulah fakta-fakta tertawa yang berhubungan dengan kesehatan. Maka tertawalah agar tubuh anda lebih sehat. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *