Tidur Siang
Foto: Tidur Siang (Vemale)

Benarkah Tidur Siang Bisa Bikin Bahagia? Ini Faktanya!

Tidur Siang
Foto: Tidur Siang (Vemale)

INSPIRADATA. Tidur adalah aktivitas rutin yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Karena tidur dapat memberikan efek kebugaran tubuh sesaat setelah lelah beraktivitas seharian. Tak hanya itu, peneliti menemukan keterkaitan antara istirahat sejenak dari aktivitas dengan rasa lebih bahagia yang dirasakan seseorang. Apakah rasa bahagia itu timbula saat tidur malam ataukah pada saat tidur siang?

Dilansir oleh CNNIndonesia, Seorang Profesor dari Universitas Hertfordshire, Profesor Richard Wiseman mengatakan bahwa, Jika pada penelitian sebelumnya menunjukkan tidur siang di bawah 30 menit membuat seseorang lebih fokus, produktif dan kreatif, temuan baru ini menawarkan kemungkinan menggiurkan bahwa seseorang juga akan jadi lebih bahagia hanya dengan tidur siang singkat.

Hasil penelitian ini ditemukan dalam sebuah studi yang dilakukan dalam rangka Festival Ilmu Pengetahuan Internasional Edinburgh.

Studi tersebut melibatkan sekitar 1.000 partisipan. Mereka diminta menjawab pertanyaan psikologis dalam survei daring yang menanyakan soal kebiasaan tidur siang.

Hasil menunjukkan mereka yang mengambil jeda waktu untuk tidur punya skor rata-rata 3.67 dari skala 5. Sedangkan mereka yang tidak tidur punya skor 3.52 dan yang tidur lebih lama 3.44.

BACA JUGA: 

Benarkah Tidur Siang Bisa Perbaiki Kondisi karena Begadang?

Ini pun menunjukkan bahwa 66 persen mereka yang tidur siang singkat dilaporkan merasa bahagia dibanding dengan 56 persen mereka yang tidur lama. Hal ini menggarisbawahi hubungan signifikan antara tidur siang singkat dengan kebugaran.

Selain itu, studi menemukan saat 43 persen partisipan berusia 18-30 tahun tidur siang dalam waktu lama, hanya 30 persen dari mereka yang berusia di atas 50 tahun melakukan hal serupa.

Bagaimana menurut anda, jika anda memang ingin membuktikan silahkan anda tidur siang dan apa yang anda rasakan setelahnya. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *