Unik, Informatif , Inspiratif

Benarkah Wudhu Mampu Tekan Kemungkinan Pembusukan Jari?

0

Manfaat berwudhu sebelum tidur sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Namun hubungan wudhu dengan aliran darah penifer belum banyak tersebar.

Perintah berwudhu sebelu tidur sendiri berada dalam suatu hadis yang mana Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti… kemudian pada saat ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap, ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan… karena ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci.” (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

BACA JUGA: Warisan Ilmuwan Muslim yang Bermanfaat Bagi Dunia

Adapun manfaatnya antara lain. pertama, merilekskan otot-otot sebelum beristirahat. Dapat dibuktikan dalam ilmu kedokteran bahwa percikan air yang dikarenakan umat muslim melakukan wudhu itu adalah suatu metode atau cara mengendorkan otot-otot yang kaku karna lelahnya dalam beraktifitas.

Kedua, mencerahkan kulit wajah. Wudhu bisa mencerahkan kulit wajah karena kinerja wudhu ini menghilangkan noda yang membandel dalam kulit. Kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah kita akan senantiasa hilang dan tentunya wajah kita akan menjadi cerah dan bersih.

Ketiga, dido’akan malaikat. Dalam sabda Beliau yang disinggung pada bagian atas, malaikat akan senantiasa memberikan dosa perlindungan kepada umat muslim yang memberikan do’a perlindungan kepada umat muslim yang senantiasa untuk wudhu sebelum tidur.

Padahal malaikat adalah makhluk yang senantiasa untuk berdzikir kepada Allah SWT niscaya do’anya akan senantiasa dikabulkan pula oleh Allah SWT. Oleh karena itu, senantiasa berwudhu itu merupakan hal yang wajib kita lakukan.

Adapun hubungan antara wudhu dan aliran darah perifer, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Hanifah, Imam Syafi’i, Imam Malik, Imam Ahmad Hambali dijelaskan: “Sempurnakanlah dalam berwudhu dan gosoklah sela-sela jari kalian…”

Perintah ini secara medis sangat bermakna. Mengapa sela-sela jari yang disebut?

Jawabannya, sebab di bagian itulah akan berjalan serabut saraf, arteri, vena, dan pembuluh limfe. Penggosokan daerah sela-sela jari itu telah barang tentu memperlancar aliran darah perifer (terminal) yang menjamin pasokan makanan dan oksigen.

BACA JUGA: Secara Medis, Ini Manfaat Shalat Dhuha

Kita tahu berapa banyak pasien yang mengalami sumbatan aliran darah dan berakibat pembusukan jari-jari. Tidak jarang diantara mereka harus menjalani amputasi. Selain itu, serabut saraf secara langsung di stimulasi oleh perbuatan kita menggosok sela-sela jari.

Ujung jari sampai telapak tangan adalah bagian yang paling sensitif, karena paling banyak mengandung simpul reseptor saraf. Tiap 1 cm 2 kulit di daerah itu, terdapat 120 – 230 ujung saraf peraba. []

Sumber: Kedahsyatan Manfaat Air Wudhu: Panduan Wajib Untuk Setiap Keluarga Muslim, Oleh: Mukhsin Matheer


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline