Foto: Mytomohon

Berapa Banyak Air 2 Kulah Itu?

Foto: Mytomohon

Dalam berwudhu tentunya kita tidak bias sembarangan ya! Ada aturan yang harus kita patuhi supaya wudhu kita sah. Kita musti memperhatikan tata cara nya, tempat maupun air wudhunya.

Berkaitan dengan air wudhu ini, ada sayarat yang harus dipenuhi, di antaranya adalah air wudhu yang harus mengalir atau jika tidak mengalir harus minimal sebanyak 2 kulah.

Pertanyaanya, seberapa banyak dua kulah itu?

Ada du acara untuk menetapkan air dua kulah. Pertama, dengan menetapkan atau melihat ukuran wadah air. Perinciannya adalah sebagai berikut;

1. Apabila wadah yang digunakan adalah wadah berbentuk persegi empat, maka panjang, lebar dan kedalaman wadah tersebut adalah 1 seperempat dziro’.

2. Apabila wadah yang digunakan adalah wadah berbentuk persegi tiga, maka panjang ketiga sisinya adalah 2 setengah dziro’ dan kedalamannya 2 dziro’.

3. Apabila wadah yang digunakan berupa wadah berbentuk lingkaran, maka lebarnya adalah 1 dziro’ dan kedalamannya 2 setengah dziro’.

(1 Dziro’ = 48 cm)

Kedua, dengan menetapkan atau melihat isinya. Terdapat perbedaan diantara ulama’ kontemporer mengenai kadar air 2 kulah;

1. Versi keterangan dalam kitab Fathul Qodir karya KH M Makshum Ali, volume air 2 kulah adalah 174,58 liter

2. Menurut keterangan dalam kitab Ghoyatul Muna Syarah Safinatun Naja karya Syaikh Muhammad bin Ali bin Muhammad Ba ‘Athiyyah Ad-Du’ani, volume air 2 kulah adalah 216 liter.

3. Menurut keterangan dalam kitab At-taqrirot As-Sadidah, volume air 2 kulah adalah 217 liter.

4. Menurut keterangan dalam kitab Al-fiqhul Islami Wa Adillatuh karya Syaikh Dr. Wahabah Az-Zuhaili, volume air 2 kulah adalah 270 liter.

Wallohu a’lam. [] Sumber: http://www.fikihkontemporer.com/2013/06/volume-air-2-kulah-dan-ukuran-wadahnya.html


Artikel Terkait :

About Dini Sri

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *