Unik, Informatif , Inspiratif

Berat Badan Cepat Naik? Ini Penyebabnya!

0

 

Mungkin untuk sebagian orang, berat badan naik secara drastis membuat panik. Hal ini dapat disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari Anda. Pasalnya, berat badan naik tidak hanya karena Anda banyak makan. Tetapi ada berbagai kebiasaan sepele harian yang tanpa disadari bisa membuat berat badan cepat naik.

1. Makan terlalu cepat

Untuk sebagian orang, mungkin makan terlalu cepat itu bertujuan untuk menghemat waktu. Hal ini mungkin disebabkan Anda seorang pekerja kantoran yang ingin cepat menghabiskan makan dan menyelesaikan pekerjaan. Alih-alih makan dengan santai, Anda justru makan dengan kecepatan super. Jika hal ini terus Anda pertahankan, tak heran jika timbangan berat badan mengalami kenaikan.

2. Kurang tidur

Michael Breus, ahli yang berfokus menangani gangguan tidur di Amerika, menyatakan bahwa ketika kita terlalu sedikit menutup mata untuk tidur, metabolisme tubuh akan melambat untuk menghemat energi. Perlambatan ini kemudian memicu hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan. Tubuh kemudian berpikir bahwa Anda membutuhkan banyak energi sehingga ia meminta lebih banyak makanan.

Selain itu, kurang tidur membuat tubuh melepaskan lebih banyak ghrelin (hormon yang memberi sinyal rasa lapar) dan mengurangi leptin (hormon yang memberi sinyal perasaan kenyang).

3. Kurang minum

Jika menurut Anda kurang minum adalah kebiasaan sepele, maka sebaiknya hentikan pemikiran tersebut. Orang yang kurang minum berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, salah satunya bisa membuat berat badan cepat naik.

Penelitian membuktikan rasa haus sering disalahartikan oleh tubuh sebagai sinyal rasa lapar oleh tubuh. Oleh sebab itu, hasil penelitian membuktikan bahwa orang yang minum dua cangkir air sebelum sarapan mengonsumsi 22 persen kalori yang lebih rendah pada makanan dibandingkan dengan yang tidak minum air sama sekali.

4. Makan camilan tidak sehat

Rasa lapar yang berlebih adalah salah satu penyebab mengapa orang mengalami kenaikan berat badan. Ketika seseorang merasa lapar, ia akan makan dalam porsi lebih. Dan akibatnya, nafsu makan tidak terkendali dan melahap makanan apa saja yang ada didepannya baik sehat maupun tidak.

Nah, salah satu cara memerangi rasa lapar yang berlebih ialah dengan mengonsumsi camilan di sela-sela waktu makan. Namun bukan sembarang camilan, karena sebaiknya Anda memilih snack sehat yang dapat mengatasi rasa lapar sekaligus mengekang keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat.

5. Makan tanpa jadwal yang teratur

Walaupun sering dianggap sepele, makan di jam yang teratur ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan Anda. Jika Anda tidak memiliki waktu makan yang teratur, maka ada waktu-waktu di mana Anda akan merasa sangat lapar. Alhasil, Anda akan makan sesuka hati tanpa terkendali.

Selain itu, penelitian membuktikan orang-orang yang memiliki waktu makan teratur cenderung merasa kurang lapar sebelum makan dan akan merasa lebih kenyang setelah makan. Sebaliknya, orang yang jadwal makannya berantakan akan merasa lebih lapar dan makan lebih banyak.

Hal ini juga akan mengacaukan jam internal tubuh yang seharusnya memiliki proses yang teratur seperti nafsu makan dan metabolisme serta pencernaan makanan. Akibatnya, orang-orang yang tidak memiliki waktu makan teratur berisiko tinggi memiliki penyakit kronis seperti sindrom metabolik, penyakit jantung, resistensi insulin dan kontrol gula darah yang buruk.

Nah, itu tadi penjelasan seputar kebiasaan-kebiasaan buruk yang bikin berat badan Anda cepat naik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ingat! Gaya hidup sehat itu mudah. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.