tips memilih kurma yang baik
Tips Berbuka dengan Kurma

Berbuka Puasa dengan Berbekal Kurma dan Sebotol Air Mineral

INSPIRADATA. Pada bulan Ramadhan ini banyak sekali bermunculan hidangan berbuka puasa yang baru dan aneh. Namun, itu semua tidak teruji kandungan nutrisinya untuk tubuh.

Setelah kita berpuasa selama 14 jam, tentunya tubuh kita perlu asupan yang bergizi dan baik untuk tubuh. Maka dari itu tidak bisa sembarangan asal memakan hidangan berbuka tanpa memperhatikan kandungan dari makanan itu.

Apakah anda sering merasa lemas ketika berpuasa? Bisa jadi itu penyebab pola makan saat berbuka kurang baik dan sehat. Berikut tips berbuka puasa dengan hanya berbekal kurma dan sebotol air mineral, seperti dikutip oleh huffingtonpost.com, Kamis (1/6/2017).

1. Makan kurma

Nour Zibdeh, seorang konsultan diet yang berasal dari Virgina, Amerika Serikat, mengemukakan bahwa makan kurma sangat baik untuk menjaga kesegaran di bulan Ramadan.

Karena kurma berfungsi sebagai bensin yang cepat mengisi tubuh, ketika berbuka puasa. Kurma juga mengandung gula yang sederhana, sehingga nutrisinya mudah diserap oleh tubuh yang sudah tidak mengonsumsi apapun seharian penuh.

2. Bawa air botol saat malam hari

Salah satu kendala pada puasa adalah dehidrasi yang cepat, karena tidak diperbolehkannya makan dan minum di siang hari. Untuk itu, membawa botol air di malam hari menjadi penting untuk mengisi kembali cairan dalam tubuh. Sehingga tubuh tetap segar untuk menjalankan puasa berikutnya.

3. Atur konsumsi air putih

Kebiasaan yang sering terjadi adalah banyak meminum air pada waktu sahur. Padahal, ketika air diminum bersaamaan, air akan berubah menjadi media mengeluarkan kotoran dalam tubuh. Akibatnya air tidak akan tersimpan dalam tubuh, sesuai yang diharapkan. Untuk itu, atur waktu untuk mengonsumsi air putih agar selalu segar.

4. Perhatikan makanan yang masuk

Selain kurma dan air putih, perhatikan juga makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan mengonsumsi makanan yang memiliki protein, lemak baik, dan banyak sayuran ketika sahur serta berbuka puasa. Bila sayuran semakin berwarna, maka nutrisi yang didapatkan akan semakin baik di sepanjang bulan Ramadan. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *