Al-Qur'an

Beredar Al Qur’an tanpa Surat Al-Maidah Ayat 51-57, Ini Klarifikasi Penerbit

INSPIRADATA. Kementerian Agama (Kemenag) sedang menelusuri kabar penemuan Al-Qur’an tanpa surat Al-Maidah ayat 51-57. Kejadian tersebut berawal dari laporan seorang pengurus DKM Masjid Addifa, Desa Sukamaju, Kecamatan Megamendung, Bogor, KH Basith. Demikian disitat dari Dream, Kamis (25/5/2017).

KH Basith melaporkan mushaf Al-Qur’an yang dicetak oleh PT Suara Agung pada Selasa (23/5). Pgs. Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ) Balitbang-Diklat Kemenag Muchlis M Hanafi mengatakan pihaknya telah mengkonfirmasi penerbit terkait mushaf Al-Qur’an tersebut.

Dalam penjelasannya yang diberikan oleh PT Suara Agung, pihaknya mengakui adanya kesalahan cetak yang tak disengaja. Muchlis menjelaskan bahwa penerbit sudah memenuhi prosedur LPMQ. Kemenag pun memberi teguran keras kepada PT Suara Agung.

Foto: Kemenag.go.id

Kemenag pun meminta penerbit untuk memeriksa seluruh stok Al-Qur’an yang diterbitkan untuk diperiksa dan jika terdapat kesalahan lebih baik jangan diedarkan. Selain itu, Kemenag mendesak untuk menarik seluruh Al-Qur’an salah cetak dari peredaran.

Foto: Kemenag.go.id

Muclis meminta pihak penerbit agar lebih berhati-hati dalam mencetak Al-Qur’an, agar kesalahan fatal tersebut tidak kembali terulang.

“Jangan sampai kepentingan bisnis berada di atas kesucian teks Alquran, sebab tidak jarang kesalahan terjadi karena keteledoran akibat kurangnya quality control,” kata Muchlis.

Muchlis menyampaikan terima kasih atas laporan kesalahan cetak. Dirinya berharap kepada siapapun yang menemukan kesalahan dalam mushaf Al-Qur’an, untuk segera melaporkannya kepada LPMQ.

“Kantor LPMQ di Gedung Bayt Al Quran Taman Mini Indonesia Indah (TMII), telepon : 021-87798807, email: lpmajkt@kemenag.go.id,” ucap dia. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *