Unik, Informatif , Inspiratif

Berikan Sosis Sebagai MPASI untuk Bayi, Bolehkah?

0 29

Saat ini sudah sangat mudah kita temukan berbagai macam makan olahan yang lezat dan praktis, seperti sosis. Sosis ini, selain lezat, juga bisa dikreasikan menjadi berbagai jenis masakan.

Akan tetapi, sosis tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, apalagi dijadikan sebagai menu utama setiap hari. Nah, lalu bagaimana jika sosis diberikan kepada bayi sebagai makanan pendamping ASI? Apakah ini aman dan diperbolehkan?

Yuk simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Penyebab Bayi Rewel

Sosis dibuat dari berbagai macam daging seperti daging ayam, dan sapi. Sebelum daging ini menjadi sosis yang siap digoreng, dipanggang, atau langsung dimakan, olahan daging ini melalui beberapa proses.

Dalam pembuatan sosis produsen juga menambahkan bahan-bahan seperti pengawet, penyedap dan zat aditif yang seharusnya tidak diberikan pada bayi. Selain itu sosis juga biasanya dibuat dari daging yang sangat berlemak.

Produsen menambahkan cukup banyak garam dalam proses pembuatannya. Oleh karena itu sosis mengandung lemak, garam, dan kolesterol yang tinggi. Jadi sebenarnya, bayi juga tidak begitu mendapatkan kebaikan daging dari sosis.

BACA JUGA: Kejaiban ASI untuk Bayi

Memberikan sosis kepada bayi tidak direkomendasikan. Jika Anda ingin si kecil mencicipi rasa sosis, tunggulah hingga ia berumur satu tahun ke atas. Saat itu, ia sudah siap makan hidangan rumah seperti anggota keluarga lain dan sistem pencernaannya sudah lebih sempurna.

Anda juga bisa memberikan sosis kepada balita dengan cara yang lebih sehat. Alih-alih menggoreng atau memanggang sosis, lebih baik masukkan dalam sayur sop yang dicampur dengan wortel, kentang dan kol. []

 

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline