Penampakan Bumi

Berikut 10 Peristiwa Alam yang Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

INSPIRADATA. Seperti yang kita ketahui sejak kecil bahwa bumi ini berputar pada porosnya atau pada jalur orbitnya. Bumi berputar mengelilingi matahari dan begitupun planet-planet yang lain. Tapi bagaimana jadinya jika bumi berhenti berputar?

Tentu kita sebagai orang awam tidak mengetahui apa yang akan terjadi jika bumi berhenti berputar. Mungkin bisa jadi hal tersebut adalah awal dari berakhirnya dunia.

Karena ada sebagian ilmuawan yang meyakini bahwa akhir dunia ini diawali dengan berhentinya bumi berputar pada porosnya.

Lantas, apa yang akan terjadi jika bumi tempat kita tinggal ini berhenti berputar secara perlahan? Berikut ulasannya seperti dikutip dari BrightSide.me:

1. Semua benda akan terbang ke arah timur dengan kecepatan tinggi.

Manusia tidak pernah merasa Bumi berputar dan ke mana arah berputarnya. Tetapi jika berhenti, menurut Sten Odenwald dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) semua yang ada di permukaannya akan tercabut dari tanah dan terbang ke arah timur dengan kecepatan tinggi sebelum akhirnya jatuh kembali.

Di daerah khatulistiwa, kecepatannya akan menjadi yang terbesar. sekitar 1.000 mil per jam. Sementara di wilayah kutub kecepatannya mencapai 800 mil per jam.

2. Gelombang raksasa akan terjadi.

Kekuatan momentum akan menyebabkan air di laut bergerak membentuk tsunami yang sangat dahsyat, yang akan mengarah ke timur dan menyapu bersih kota-kota pesisir dari permukaan Bumi.

3. Muncul angin berkekuatan dahsyat.

Atmosfer akan terus bergerak, dan momentumnya akan membuatnya berputar mengelilingi planet ini – mungkin beberapa kali. Kecepatan aliran udara awal akan sangat besar: lebih dari 1.100 mph. Ada kemungkinan Bumi akan kehilangan sebagian atmosfernya dalam peristiwa ini.

4. Semua air di permukaan Bumi akan terbagi dua.

Peristiwa itu tidak hanya menyebabkan terbentuknya dua lautan, Lautan Utara dan Selatan, tapi juga daratan baru di tengah-tengahnya.

5. Bencana letusan gunung berapi, badai, dan gempa bumi dimulai.

Kekuatan kinetik Bumi yang besar dan momentumnya akan mengguncang planet ini sampai ke intinya. Hasilnya cukup dapat diprediksi: badai dahsyat, letusan gunung berapi, dan gempa bumi yang merusak akan terjadi di mana-mana.

6. Bumi akan berubah dari sebuah geoid menjadi sebuah bola.

Bentuk Bumi yang geoid (sedikit lonjong) disebabkan karena gerakan berputar pada porosnya. Jika planet ini berhenti, bentuknya akan menjadi lebih bulat.

7. Ada daerah yang sangat panas, dan ada yang sangat dingin.

Karena berhenti berputar, setengah hari akan sangat panas dan selalu terang benderang dengan suhu tertinggi di khatulistiwa. Sementara belahan bumi lainnya akan menjadi kerajaan malam yang kekal dan dingin.

NASA memiliki versi lain, jika Bumi berhenti berputar sama sekali, akan ada siang selama 6 bulan yang diikuti oleh malam dengan waktu yang sama.

8. Medan magnet yang melindungi Bumi selama ini akan hilang.

Selama ini Bumi terlindung dari pengaruh kosmik seperti badai matahari, berkat medan magnet yang melindunginya. Jika Bumi berhenti berputar, maka perisai tersebut akan hilang.

9. Jika manusia bertahan hidup…

Maka mereka hanya bisa tinggal di bawah tanah dan akan keluar ke permukaan menggunakan baju khusus untuk menangkal radiasi. Selain itu, manusia hanya bisa hidup di ‘perbatasan’ antara siang dan malam.

10. Bulan akan jatuh ke Bumi?

Prof. Vaughan Pratt dari Stanford University mengatakan Bulan secara perlahan akan melambat juga, dan jaraknya dari Bumi akan berkurang. Pada waktunya, mungkin akan jatuh ke planet kita.

Namun kita tidak perlu terlalu khawatir NASA memprediksi usia Bumi mungkin masih miliaran tahun lagi. Saat itu Bumi akan mengalami siang yang sangat panjang hingga sebelum akhirnya benar-benar berhenti berputar. Lagipula, bukankah hanya Allah SWT yang tahu rahasia tentang kapan kiamat itu terjadi? []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *