Pasien Konsultasi

Berikut 7 Tanda Jika Anda Mengalami Kanker Kulit

INSPIRADATA. Dalam dunia kesehatan, kanker adalah penyakit yang berbahaya, apaun jenis kankernya. Termasuk kanker kulit, meskipun kanker ini hanya menyerang bagian kulit. Salah satu penyebaran dari kanker kulit ini terletak di mata. Tak jarang penderita kanker kulit yang kehilangan penglihatannya karena kanker ini mempengaruhi fungsi mata.

Oleh karena itu, bagi anda yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, hendaknya lebih memperhatikan perlindungan kulit anda dari paparan sinar matahari secara berlebih. Hal ini karena kanker kulit pada dasarnya disebabkan oleh bahaya sinar UV yang memapar kulit.

Dilansir oleh Brilio.net, berikut beberapa tanda penyakit kanker kulit yang sebaiknya anda ketahui agar segera mencegahnya.

1. Kamu melihat adanya ‘benjolan jelek’

Kamu perlu memperhatikan tahi lalat yang terlihat berbeda dengan yang lain pada tubuh. Namun perlu diingat bahwa tahi lalat yang ada sejak lahir bisa berkembang menjadi kanker kulit dan tidak semua tahi lalat yang baru muncul itu berbahaya.

2. Ada garis gelap vertikal di kuku

Indikasi kanker ini juga bisa tampak seperti adanya pigmen gelap di kuku, atau sesuatu yang terlihat seperti darah melepuh yang mengarah ke pangkal kuku.

3. Kamu tiba-tiba mendapatkan masalah penglihatan

Jenis melanoma (ganguan sel) yang paling umum adalah melanoma mata. Hal ini hanya bisa diketahui saat orang memeriksakan matanya. Karenanya penting untuk memeriksan mata saat tiba-tiba mata mengalami gejala sakit tanpa ada sebab sebelumnya.

4. Muncul dan hilang di tempat yang sama

Beberapa kanker bisa tampak seperti jerawat yang tidak jelas – atau mungkin hilang dan segera kembali ke tempat yang sama.

5. Tahi lalat di kaki

Banyak orang tidak secara aktif melihat kaki mereka sehingga sering kali tidak diketahui jika sebuah tahi lalat, yang bentuknya berbeda dengan lainnya muncul di kaki mereka.

6. Ada pigmentasi setelah mengeluarkan tahi lalat

Jika kamu memiliki tahi lalat yang hilang dan mulai melihat pigmentasi di sekitar bekas luka, lepaskan.

7. Ada noda hitam di pipi

Bagian dalam pipi, rongga hidung, daerah dubur dan vagina adalah lokasi lain yang kurang dikenal di mana kamu bisa terkena melanoma. Selau perhatikan area-area ini agat tidak luput ketika ada gejala yang tidak wajar. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *