memilih password yang aman
Foto: Digital Trends

Berikut 7 Tips Memilih Password yang Aman

Menurut studi terbaru dari Mastercard, setiap orang dari kita rata-rata memiliki sepuluh akun, perangkat, atau aplikasi yang berbeda dengan akses kata sandi (password) paling sedikit satu kali dalam seminggu dan menurut perhitungan rata-rata kita memasukkan sekitar delapan password setiap harinya.

Memang menjadi sebuah tantangan untuk mengingat begitu banyak password yang kita miliki. Pada akhirnya, membuat kita sering menggunakan password yang sama untuk sejumlah akun kita.

Namun, penggunaan password yang sama untuk beberapa akun yang berbeda akan menjadi sebuah masalah ketika seseorang mengetahui salah satu password kita, yang kemudian akan memungkinkan orang tersebut untuk mengakses sejumlah perangkat dan akun online kita.

Nah, agar kita dapat melindungi diri kita dari kejahatan para hacker dan aman dalam mengakses media sosial, berikut beberapa tips untuk memilih dan menggunakan password yang lebih aman seperti dilansir Hariannasional:

1. Selalu gunakan kombinasi angka, huruf, dan karakter lainnya seperti tanda seru (!).

2. Buat password Anda dalam rangkaian karakter yang panjang (paling tidak delapan karakter, tetapi idealnya enam belas karakter).

3. Sebaiknya tidak gunakan nama, lokasi, nomor telepon, ataupun tanggal ulang tahun.

4. Gunakan campuran karakter huruf besar dan huruf kecil.

5. Jangan gunakan kata-kata dalam bahasa Inggris (mayoritas hacker memiliki asumsi bahwa password Anda ditulis dalam bahasa Inggris).

6. Jangan biarkan situs-situs yang Anda gunakan untuk mengingat password Anda.

7. Gunakan password yang berbeda untuk situs dan perangkat yang berbeda. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *