, Berikut Ini 3 Larangan Waktu Mandi dan Manfaatnya
Unik, Informatif , Inspiratif

Berikut Ini 3 Larangan Waktu Mandi dan Manfaatnya

0

 

Mandi sama hal nya dengan membersihkan tubuh dari kotoran. Tetapi, dengan mandi juga dapat menyegarkan badan setelah lelah beraktivitas seharian. Mandi merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim dalam menjaga tubuh agar senantiasa bersih dan nyaman.

Karena itu dalam hadist yang menyebutkan “kebersihan sebagian dari iman.” Yang artinya dengan sengaja menjaga kebersihan, sama artinya kita menjaga kesehatan dan juga keimanan.

Hukum mandi adalah sebagai berikut:

Wajib, yaitu apabila mengalami hal-hal yang mewajibkan mandi atau bernadzar untuk melakukan mandi sunah

Terdapat suatu kaidah untuk membedakan antara mandi wajib dan mandi sunah, yaitu ; Setiap mandi yang faktor penyebab mandi tersebut mendahuluinya maka hukumnya ialah wajib, sebagaimana mandi haidl, dan setiap mandi yang faktor penyebabnya terjadi setelahnya maka hukumnya adalah sunah, sebagaimana mandi Jum’at.

Ada tiga waktu mandi menurut islam dan medis dimana kita dilarang untuk mandi. Ada satu hal hagi yang harus kita perhatikan, yakni waktu mandi. Ternyata ada beberapa waktu dimana kita dilarang mandi, karena dapat berisiko mengganggu kesehatan dalam jangka panjang. Pada waktu-waktu tersebut, kondisi jantung sedang melemah sehingga beresiko menyebabkan kematian mendadak.

1. 30 Menit Setelah Shalat Ashar

Pada waktu ini, kondisi darah dalam tubuh sedang panas, sehingga jika kita mandi dapat mengakibatkan rasa lelah dan letih.

2. Setelah Maghrib

Mandi setelah maghrib juga termasuk dilarang, karena kondisi jantung pada saat itu mulai lemah. Selain itu, mandi pada saat itu juga meningkatkan risiko penyakit paru-paru basah.

3. Sesudah Isya’ Hingga Jam 12 Malam

Sesudah isya’, merupakan waktu dimana jantung kita beristirahat. Mandi pada saat itu akan menyebabkan kerusakan jantung.

Lalu, kapankah waktu yang dianjurkan untuk mandi? Waktu yang dianjurkan mandi tentulah harus kita manfaatkan dengan baik, karena pasti mengandung manfaat tersendiri untuk tubuh. Berikut adalah penjelasannya:

1. Mandi Pada Waktu Subuh Maupun Sebelum Subuh

Mandi pada waktu itu sangat direkomendasikan, karena kandungan ozon dalam air lebih tinggi sehingga membuat badan lebih segar dan lebih awet muda.

2. Mandi pada waktu Ashar

mandi setelah bangun tidur siang akan membuat tubuh menjadi lebih segar. Selain itu, mandi pada waktu ashar juga membuat kekebalan tubuh lebih meningkat sehingga kita tidak mudah terkena penyakit.

Semoga dengan ulasan ini kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan juga memperkuat keimanan kita. Aamiin insya Allah. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.