Hartono dan Sumarna
Foto: detikcom

Berkat Duet TNI dan Polri, Maling Uang Rp 75 Juta Berhasil Diringkus

Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto memberikan penghargaan kepada Bripka Hartono dan Serma Sumarna lantaran menyergap pria yang menggondol duit Rp 75 juta di Kabupaten Subang.

Hartono dan Sumarna berhasil meringkus seorang pelaku pencurian uang puluhan juta milik PNS Subang di Jalan Mayjend Sutoyo, Selasa (10/10/2017). Keduanya merupakan anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa AD di Kelurahan Karanganyar, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

“Waktu itu kita berdua lagi keliling ke warga, tiba-tiba terdengar suara alarm mobil,” kata Hartono setelah Kapolda Jabar memberinya penghargaan di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jabar, Kamis (12/10), seperti dilansir¬†Detikcom.

Saat mendengar suara alarm yang diselingi teriakan korban berinisial P, mereka langsung bergerak. Keduanya langsung bergegas mengejar pelaku.

“Dia (pelaku) sempat membuang kantong kresek berisi uang. Saya biarkan dulu, kita berdua terus lari kejar dia,” ucap Hartono.

Pelaku bernama Hairul Hadi (41) berhasil diciduk keduanya. Hartoni dan Sumarna langsung menyerahkan pelaku ke Mapolres Subang. “Alhamdulilah kita tangkap pelakunya. Uangnya juga sudah diamankan dan diberikan kepada korban,” ujar dia.

Hartono sudah tiga tahun menjabat sebagai Bhabinkamtibmas di Karanganyar. Sementara Sumarna, baru setahun menjadi Babinsa AD di tempat yang sama. Keduanya memang memupuk kekompakan selama bertugas.

“Kita memang sering bareng-bareng kalau tugas. Keliling ke warga juga sama-sama. Setiap pagi kita teleponan merencanakan agenda kemana,” ucap Sumarna. Duet keduanya dalam meringkus pelaku pencurian mendapat ganjaran penghargaan dari Kapolda Jabar.

Penghargaan tersebut membuat keduanya terharu. “Enggak nyangka saja. Dengan penghargaan ini kita semakin termotivasi,” tutur Sumarna yang diamini Hartono. []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *