siri (foto: techcrunch)
siri (foto: techcrunch)

Berkat Fitur iPhone ‘Siri’, Balita Ini Berhasil Selamatkan Nyawa Sang Ibu

siri (foto: techcrunch)
siri (foto: techcrunch)

INSPIRADATA. Berfungsi sebagai asisten digital, mencatat janji, menyalakan alarm, menghubungi orang, sampai membacakan pesan. ‘Siri’ bukan hanya fitur iPhone belaka, fasilitas tersebut telah membantu seorang balita menyelamatkan nyawa ibunya.

Pada awal bulan Maret, Roman, balita berumur 4 tahun, menemukan ibunya tergeletak di atas lantai. Ia pun diceritakan berusaha untuk membangunkan sang ibu.

Setelah berusaha sekian lama, sang ibu masih belum juga bangun. Kemudian, Roman menemukan iPhone ibunya, menekan tombol Home, dan, entah disengaja atau tidak, berhasil menyalakan fitur Siri.

Entah apa yang diperintahkan oleh Roman kepada fitur ‘Siri’. Yang pasti, ia terhubung ke pusat gawat darurat 999 di Inggris.

“Halo, dengan polisi. Apa keadaan darurat Anda?” ujar penerima telepon, lansir The Next Web, Minggu (26/3/2017).

“Halo, saya Roman,” kata sang anak.

Setelah itu, sang polisi menanyakan di mana ibu dari Roman. Mungkin, polisi wanita ini mengira bahwa Roman salah tekan atau menghubungi orang.

Lalu Roman menjelaskan bahwa ibunya tergeletak dan tak sadarkan diri.

“Ia tidak bangun,” tutur Roman.

“Ibu! Itu tidak juga bekerja (tidak juga bangun),” celotehnya setelah diminta polisi untuk memanggil si ibu.

Setelah menyadari ada hal yang tidak tepat, polisi langsung menanyakan alamat. Roman pun untungnya bisa menjawab dengan tepat.

Polisi pun langsung mengirimkan informasi tersebut ke petugas. Sekitar 13 menit kemudian, paramedik tiba di alamat tersebut.

Benar saja, paramedik menemukan ibu dari Roman tergeletak. Sontak, sang ibu diberikan pertolongan pertama dan langsung dibawa ke rumah sakit. Untungnya, nyawanya masih tertolong.

Meski terdengar kebetulan belaka, Siri setidaknya sudah berhasil menyelamatkan satu nyawa. Pelajaran yang bisa dipetik, pembuat asisten digital sebaiknya membuat sebuah fitur yang bisa diakses dengan mudah oleh anak-anak ketika ada dalam keadaan darurat seperti kisah Roman di atas.[]

Sumber: kompastekno


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Rahasia Televisi, Bisa ‘Membius’ Otak

TV merupakan contoh yang sangat baik sekali bagaimana perangkat ini mempengaruhi pikiran Anda sebagai akibat pengaruh yang ditimbulkannya kepada otak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *