Foto: magnificentbihar.com

Berkat Kekuatan Cinta, Gunung Batu pun Terbelah

Foto: Scroll.in

INSPIRADATA. Dahsyatnya cinta membuat Raja Mugal, Syah Jehan mempersembahkan istana Taj Mahal untuk istrinya, Mumtaz Mahal. Dan, kekuatan cinta itu ternyata bukan hanya milik para raja.

Di India, ada seorang pria bernama Dashrath Manjhi yang karena kekuatan cintanya terhadap sang istri, ia berhasil membelah gunung. Ini bukan dongeng atau cerita fiksi, tapi kisah nyata yang menarik perhatian dan berhasil menyentuh hati orang-orang.

Dashrath Manjhi dikenal dunia dengan nama ‘The mountain man’ alias lelaki gunung. Sebutan itu muncul bukan hanya karena pekerjaannya sebagai pembelah batu, tapi juga karena usaha luar biasanya ketika membelah gunung.

Manjhi tinggal bersama istrinya Phalguni Devi di sebuah desa terpencil dan terisolasi.

Suatu ketika tragedi menimpa Devi, istri Manjhi. Devi yang sedang hamil tua membawakan makan siang untuk Manjhi yang bekerja di gunung batu. Namun di tengah perjalanan ia terpeleset dan mengalami luka parah. Manjhi panik dan membawa istrinya ke rumah sakit terdekat yang berjarak 55 km. Namun terlambat, istrinya meninggal karena tidak sempat di tangani medis pada waktu yang tepat.

Desa tempat Manjhi tinggal memang terisolasi, tidak ada sekolah, pasar, rumah sakit, dan tempat-tempat fasilitas umum lainnya. Untuk mencapai kota terdekat, warga desa harus menempuh jarak yang sangat jauh memutari pegunungan.

Pesan terakhir istrinya menyiratkan bahwa jangan sampai kejadian yang menimpanya terulang pada warga desa yang lain. Maka, Manjhi pun bertekad untuk menaklukan gunung batu yang memagari desanya sehingga warga desa bisa punya akses ke kota.

Manjhi berjuang sendirian membelah gunung hanya dengan menggunakan palu dan pahat selama 22 tahun.

“Cinta saya kepada istri saya adalah percikan awal yang telah menyalakan api keinginan saya untuk memahat jalan ini. Tetapi keinginan melihat ribuan penduduk desa melintasi bukit kapan pun mereka ingin, membuat saya sanggup bekerja selama bertahun-tahun tanpa ada rasa takut dan khawatir.”

Foto: magnificentbihar.com

Manjhi akhirnya berhasil membelah gunung batu dan membuka akses jalan antara blok Atri dan Wazirganj, distrik Gaya menjadi hanya 15km dari jarak awalnya sepanjang 55km.

Atas apa yang dilakukan Manjhi, pemerintah setempat mengusulkan agar Manjhi mendapatkan penghargaan Padma Shri pada tahun 2006, membuat sebuah jalan baik dari apa yang dikerjakan Manjhi dan membuat sebuah rumah sakit bernama Dashrath Manjhi di desanya.

Dashrath Manjhi meninggal dunia pada tanggal 17 Agustus 2007 di usianya yang ke 73 karena penyakit kanker kantung empedu akibat pekerjaan berat yang dia lakukan selama 20 tahun terakhir. Manji dimakamkan dengan penghormatan negara oleh pemerintah setempat.[]

 

sumber: oneindia.com


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *