Unik, Informatif , Inspiratif

Berlian Berisi Berlian yang Ditemukan di Rusia Ternyata Berusia 800 Juta Tahun

0

SEBUAH berlian unik telah ditemukan di sebuah tambang di Siberia, Rusia. Bagaimana tidak, berlian ini kosong di tengah dan berisikan berlian lainnya. Berlian ini diberi nama Matryoshka Diamond, mengikuti boneka khas Rusia, Matryoshka, yang di dalamnya ada boneka lain yang lebih kecil.

Sebenarnya, temuan cacat atau potongan mineral lain yang berada di dalam berlian adalah hal yang lumrah. Bahkan, berkat ‘cacat’ ini para peneliti bisa mempelajari banyak hal, seperti isi perut Bumi dan lainnya.

Tapi, menurut kelompok penambang berlian Rusia, ALROSA, Matryoshka Diamond sangat spesial. Matryoshka Diamond sendiri tidak berukuran besar. Berlian ini hanya 0,62 karat atau sekitar 0,124 gram. Dimensinya hanya 4,8 x 4,9 x 2,1 x 0,6 milimeter.

BACA JUGA: Turunnya Salju Hitam di Rusia

Berlian Matryoshka ditemukan saat proses penyortiran. Keunikannya itu membuat Matryoshka Diamond dibawa ke bagian Research and Development Geological Enterprise ALROSA. Selanjutnya, berlian itu diteliti dengan Spektroskopi Raman serta inframerah untuk mengamati molekulnya, dan mikrotomografi sinar X.

“Yang paling menarik bagi kami adalah untuk menemukan bagaimana bisa ada udara di celah antara berlian luar dan dalam,” kata Oleg Kovalchuk, peneliti ALROSA, kepada Science Alert.

Di samping itu, para peneliti punya beberapa hipotesis atas bagaimana bisa ada berlian di dalam berlian ini. Salah satunya adalah terbentuknya lapisan pori polikristalin di dalam berlian karena ia terbentuk dengan sangat cepat.

Lapisan itu kemudian menghilang akibat suatu proses di mantel Bumi. Hilangnya lapisan itu membuat ada berlian yang bisa bergerak bebas di dalam berlian lain, mirip dengan boneka matryoshka, ujar Kovalchuk.

Selain itu, para peneliti juga mengestimasi bahwa berlian ini berusia di atas 800 juta tahun. Sekarang, berlian itu akan dikirim ke Gemological Institute of America untuk dianalisis lebih lanjut.

BACA JUGA: Ngeri, Ada Kejuaraan Menampar di Rusia

“Sejauh yang kita ketahui, tidak ada berlian serupa yang pernah ditemukan dalam sejarah pertambangan berlian,” kata Kovalchuk.

“Biasanya, pada kasus seperti ini, mineral yang hilang akan tergantikan oleh mineral lain dan tidak membentuk sebuah celah,” imbuhnya. []

SUMBER: KUMPARAN


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.