'Le Grand Mazarin' South China Morning Post

Berlian Merah Muda Bersejarah Peninggalan Napoleon Bonaparte Akan Dilelang

Sebongkah batu berlian berwarna merah muda yang pernah disematkan pada mahkota-mahkota sejumlah raja dan kaisar di Perancis, akan dilelang bulan November mendatang.

Balai Lelang Christie yang mengumumkan rencana lelang itu menyebutkan, berlian tersebut dikenal dengan nama ‘Le Grand Mazarin’ dan memiliki ukuran 19,07 karat.

Sejarah mencatat, berlian itu diberikan kepada Raja Louis XIV pada 1661, dan kemudian dipakai pada mahkota-mahkota kerajaan dan para kaisar di Perancis.

“Berlian itu simbol kecantikan abadi, sebuah ‘harta karun kerajaan’ yang pernah menghiasi tak kurang dari tujuh mahkota raja dan ratu, yang diawali saat masa Raja Louis XIV,” kata Kepala Balai Lelang Christie untuk Eropa dan Asia, Francois Curiel, Rabu (18/10/2017) lansir AFP.

Curiel juga mengatakan, berlian itu telah menjadi saksi mata sejarah Eropa selama 350 tahun.

Diberi nama Mazarin

Batu permata itu diberi nama sesuai nama Kardinal Mazarin, seorang diplomat dan kardinal asal Italia.

Mazarin juga dikenal sebagai kolektor, sekaligus kepala kementerian di bawah pemerintahan Raja Louis XIII dan Louis XVI. Batu berharga tersebut digali pada pertambangan kuno di Golkonda, sebelah selatan pusat India.

Kilauan batu itu juga pernah mempercantik mahkota raja Louis XV dan Raja Louis XVI. Namun, keduanya harus menerima hukuman mati saat Revolusi Perancis.

Berlian itu pula dipakai untuk menghiasi mahkota yang digunakan oleh Napoleon I dan Napoleon III dan Kaisar Eugenie. Kemudian, mahkota tersebut juga telah melewati beberapa tangan seperti pemilik toko perhiasan terkenal di Perancis, Frederic Boucheron, dan selanjutnya ke Baron von Derwies.

Sebelumnya, berlian itu pernah menjadi koleksi pribadi, namun sang pemilik tidak mau disebutkan namanya.

Balai Lelang Christie menargetkan dapat meraup uang sekitar 6-9 juta dollar AS, atau kira-kira Rp 81-121 miliar dari pelelangan berlian merah muda itu.

Pelelangan akan dilakukan pada acara Christi’s Magnificient Jewels Auction, di Jenewa, Swis, pada 14 November 2017. Sekaligus, menjadi kali pertama sejak 130 tahun terakhir.

Sejarah mencatat, batu berlian ini pernah dilelang pada tahun 1887. Pelelangan terjadi 17 tahun setelah Kekaisaran Kedua Perancis runtuh pada 4 September 1870.

Louis-Napoléon Bonaparte (Napoleon III) bersama istrinya Eugenie lalu mengasingkan diri di Inggris. Saat itulah, Napoleon meninggalkan batu permata ‘Le Grand Mazarin’. []

Sumber: Kompas


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *