kunci hidup bahagia
Foto: Suara Netizen

Bersedekah tapi Berharap Balasan Harta Berlipat Ganda? (1)

Islam telah mengajarkan umatya untuk bersedekah. Selain sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, sedekah juga bernilai ibadah.

Allah telah menjanjikan ganjaran berupa pahala dan materi yang berlipat ganda kepada mereka yang menyedekahkan hartanya.

Masalahnya, apakah kita boleh bersedekah dengan harapan rezeki akan dilipat gandakan? Ternyata hal tersebut diperbolehkan.

BACA JUGA: Ini Hadiah untuk yang Enggan Bersedekah

Namun, meski hal ini diperbolehkan, orang yang melakukannya bisa saja mendapatkan kerugian. Tidak di dunia, kerugian akan dirasakan saat berada di akhirat kelak. Lantas, kerugian apa sajakah yang dimaksud? Berikut ulasannya:

1. Balasan Lipat Ganda di Dunia, Tidak Memperoleh Apapun di Akhirat

Bagi mereka yang melakukan sedekah dengan niat untuk mendapatkan ganjaran berupa lipat ganda harta di dunia ternyata akan mengalami kerugian, ia tidak akan memperoleh apapun di akhiratnya kelak. Allah Ta’ala berfirman:

“Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan perkerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperolah di akhirat, kecuali Neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Hud: 15-16)

Bagi orang-orang yang berorientasi pada kehidupan dunia akan menganggap bahwa balasan pahala tidak menarik bagi kehidupan mereka. Ditambah lagi, jika sifat serakah sudah merajai dalam diri maka segala sesuatu yang berhubungan dengan duniawi adalah yang paling penting dan berarti.

Sama halnya ketika melakukan sedekah, mereka tidak berharap akan mendapatkan pahala yang berguna untuk kehidupan akhirat. Namun lebih kepada tergiur “iming-iming” janji Allah yakni akan memperoleh balasan berkali-kali lipat.

BACA JUGA: Jangan Memilih Ketika Bersedekah

Padahal sebenarnya, kita tidak boleh menjadikan janji tersebut sebagai tujuan utama saat melakukan sedekah. Sudah semestinya kita meluruskan niat untuk bersedekah karena mengharapkan keridhoan dari Allah SWT. []

 

SUMBER: INFOYUNIK


Artikel Terkait :

About Mila Munawwaroh

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *