Unik, Informatif , Inspiratif

Bersegera ke Masjid, Raih Lima Keutamaan Ini

0

Menunaikan shalat berjamaah tentu menjadi kebiasaan yang sangat baik. Dengan pahala yang lebih banyak dibanding shalat sendirian. Adapun tempat shalat terbaik untuk laki-laki ialah di masjid.

Maka banyak kebaikan yang akan di dapatkan saat kita segera menuju masjid ketika adzan dikumandangkan.

BACA JUGA: Ini Hukumnya Menghayal Saat Shalat

1. Seorang yang duduk di masjid menunggu diselenggarakannya shalat berjamaah dikatakan senantiasa berada di dalam shalat.

Seperti sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, ”Seorang dari kalian senantiasa berada dalam shalat selama shalat yang mencegahnya untuk pergi, tidak ada yang menghalanginya untuk pulang kecuali shalat tersebut”. (HR. Bukhari-Muslim)

2. Dengan segera menuju masjid menjadi indikasi terpautnya hati dengan masjid yang merupakan baitullah.

Sebab, ada hadits yang menerangkan tujuh golongan yang mendapatkan perlindungan Allah Ta’ala pada hari Kiamat kelak, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menyebut salah satunya, “Laki-laki yang hatinya terpaut dengan masjid, bila dia keluar darinya hingga dia kembali.” (Muttafaq alaihi dengan redaksi Muslim)

3. Allah SWT menjamin orang-orang yang dekat dengan masjid dengan rahmat, ridha, dan keselamatan melewati Shirath pada hari Kiamat.

BACA JUGA: Ketika Anak Bertanya Kenapa Harus Shalat

4. Berpeluang mendapat shaf pertama atau shaf yang sebelah kanan yang memiliki banyak keutamaan lainnya.

5. Berpeluang mendapatkan Takbiratul ihram (takbir pertama shalat) bersama imam yang mempunyaifadhilah tersendiri. Seperti sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam, “Barang siapa yang shalat karena Allah 40 hari berjamaah dengan mendapatkan takbir yang pertama (Takbiratul ihram), dia tercatat bebas dari dua perkara: api Neraka dan sifat kemunafikan.” (HR. Tirmidzi; dinilai hasan oleh al-Albani) []

SUMBER: WAHDAH MAKASAR


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.