Unik, Informatif , Inspiratif

Bersih-bersih Rumah bisa jadi Penghilang Stres 

0

SIAPA pun tak bakal betah dengan tempat tinggal yang berantakan. Selain merusak pemandangan tempat tingga berantakan juga bisa memicu stres. Karena itu penting bagi kita untuk membenahi dan membersihkan tempat tinggal. Tahukah Anda, bersih-bersih ternyata bermanfaat bagi kesehatan mental dan kebersihan. Pasalnya, lingkungan punya peran atas situasi mental orang.

Related Posts
3

Atasi Masalah Rumah Tangga dengan Kopi

Berikut manfaat bersih-bersih tempat tinggal yang dikutip dari DW:

1 Mencegah frustasi

Sudah pernah frustasi karena mencari sebuah benda di ruangan yang penuh? Lebih baik jika semua dalam kondisi rapi. Tidak ada salahnya memiliki strategi membenahi rumah dengan urutan langkah tertentu. Misalnya: pertama membereskan meja, kedua lemari, dan seterusnya. Kita akan merasakan keberhasilan, karena bisa menyelesaikan setiap langkah satu per satu.

BACA JUGA: Berikut, Jumlah Kalori yang Terbakar saat Bersihkan Rumah Anda!

2 Merasa Kuat

Membersihkan rumah membuat orang merasa kuat, dan mampu mengontrol situasi. Membenahi rumah ternyata mendorong rasa percaya diri, jika sedang menghadapi kesulitan hidup. Akhirnya bersih-bersih bukan jadi pekerjaan membosankan, melainkan membantu orang untuk merasa tenang.

3 Bentuk aktivitas fisik

Sudah diketahui sejak lama, aktivitas fisik bisa mendorong kesehatan mental. Sebagian orang mengira itu harus berupa olah raga. Tapi sebenarnya bersih-bersih rumah juga bisa jadi alternatifnya. Memang tidak semua pekerjaan membersihkan punya efek itu. Yang jelas gerakan tubuh harus banyak, misalnya menyapu atau mengepel lantai.

4 Menyumbang barang berbuah rasa senang

Jika orang membenahi rumah secara teratur orang kerap menemukan benda-benda yang tidak dipakai lagi. Jika benda-benda tersebut bisa dijual dan hasilnya didonasikan, orang akan mendapat perasaan senang, yang akhirnya mendorong kesehatan mental.

BACA JUGA: Ini Manfaat Bersihkan Gigi dengan Benang Gigi

5 Bisa jadi ritual yang menolong

Untuk sebagian orang, membersihkan bisa menolong karena menjadi ritual yang membuat mereka lupa stres yang dihadapi sepanjang hari. Setelah bekerja mereka bisa memfokuskan diri pada aktivitas yang mereka kenal dengan baik. Membersihkan lantai atau menyetrika bisa membuat rileks. []

SUMBER: DW.DE


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline