Foto: Agrotani.com

Bertahan Diangkut Pakai Pesawat, Bagaimana Sistem Pernapasan Lumba-lumba?

INSPIRADATA. Pengangkutan lumba-lumba dengan pesawat terbang Sriwijaya Air menjadi pembicaraan viral di media sosial.

Beberapa tokoh mengecam tindakan tersebut, karena di anggap menyakiti hewan. Secara peraturan juga pesawat biasanya tidak membolehkan penumpang membawa hewan.

Pihak Sriwijaya mengaku hanya mengangkut saja. Persoalan posisi lumba-lumba yang diangkut tanpa air, katanya itu sudah sesuai dengan peraturan konservasi. Tapi, seperti apa sih sistem pencernaan lumba-lumba sampai bisa tahan di pesawat seperti itu?

Pernapasan lumba-lumba sistemnya sama seperti manusia. Ia memiliki hidung di kepalanya. Lumba-lumba biasanya menghirup udara dulu sebelum masuk ke dalam air. Udara disimpan di paru-paru. Menurut penelitian ia bisa bernapas sampai 300 kali dalam satu menit.

Lumba-lumba adalah hewan mamalia. Ketika ia terdampar atau dibawa ke daratan, lumba-lumba akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan ikan lain. Namun, kulit lumba-lumba harus selalu memrlukan air. Kalau tidak  lumba-lumba akan mengalami dehidrasi dan inilah yang membahayakan tubuhnya.

Lalu bagaimana kalau diangkut menggunakan pesawat? Nah ini tergantung lama dan kondisi di dalam psawat sendiri. Tapi, sebagai muslim kita tentunya dilarang menyiksa hewan ya. Tentu kamu masih ingatkan cerita seekor kucing yang membuat pemiliknya masuk neraka? Si pemilik bepergian lama dan mengunci pintunya, sehingga si kucing yang di dalam tak bisa mencari makan. Ngeri ya! []


Artikel Terkait :

About Eki Baehaki

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *