setya novanto diinfus
Foto: Tempo

Bertambah Lagi, Kini Setya Novanto Mengidap Penyakit Ini

Penyakit yang diderita Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Setya Novanto terus bertambah. Setelah diberitakan menderita vertigo, sakit jantung, kini Ketua Umum Partai Golkar itu disebut-sebut menderita sakit tumor tenggorokan.

Penyakit tumor di tenggorokan Setya Novanto ini dikemukakan Guru Besar FISIP Universitas Indonesia Burhan Djabir Magenda usai membesuk Setya Novanto di Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta, Senin (2/10/17).

“Ada tumor di tenggorokan. Bertahaplah, dari awalnya jantung dulu baru muncul tumor. Tumor di tenggorokan,” kata Burhan, melansir Tribunnews.

Sebelumnya Setnov dikabarkan menderita vertigo saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana memeriksanya.

Pada pemanggilan pertama, Novanto beralasan vertigonya kambuh. Ia memilih menjalani perawatan di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta.

Komisi antirasuah lalu memanggil Setya Novanto. Berbeda dari panggilan pertama, Setya Novanto kembali mangkir dengan alasan harus menjalani katerisasi jantung.

Ia pun dipindah dari Rumah Sakit Siloam menuju Rumah Sakit Premier Jatinegara.

Setya Novanto lalu menjalani perawatan di Rumah Sakit Premier Jatinegara hingga putusan praperadilan membebaskannya dari status tersangka kasus korupsi proyek e-KTP.

Kendati beragam penyakit diderita Setya Novanto, KPK justru berencana memperpanjang surat pencegahan bepergian ke luar negeri untuk Ketua DPR RI Setya Novanto.

angka pada kasus e-KTP. Ia diduga ikut merugikan negara dengan mengondisikan proses penganggaran dan pengadaan dalam proyek e-KTP.

Terkait penetapannya sebagai tersangka, Novanto mengajukan gugatan praperadilan.

Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Cepi Iskandar memutuskan penetapan tersangka Novanto oleh KPK tidak sah. Dengan demikian, KPK harus menghentikan proses penyidikan terhadap Novanto.

KPK tengah mempertimbangkan untuk menerbitkan surat perintah penyidikan (sprindik) baru untuk menetapkan kembali Novanto sebagai tersangka. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *